Kajian Islam

Amalan Ringan, Singkirkan Batu di Jalan, Potong Ranting, Rasulullah Melihat Mereka Tiduran di Surga

Amalan ringan tapi pahala surga. Memotong ranting, menyingkirkan duri dan batu di jalan. Rasulullah melihat pelakunya ada di Surga.

Tribun Jabar/Seli Andina Miranti
Polisi memeragakan memotong pohon tumbang. Amalan ringan tapi pahala surga. Memotong ranting, menyingkirkan duri dan batu di jalan. Rasulullah melihat pelakunya ada di Surga. 

TRIBUNJABAR.ID - Banyak amalan baik atau amal sholeh yang ringan dikerjakan, tidak membutuhkan biaya, tapi sangat disukai oleh Rasulullah Muhammad SAW dan berpahala surga.

Amal soleh itu adalah menyingkirkan gangguan di jalan agar saudara kita yang melintas selamat dan tidak celaka.

Ringan kan? Meski amalan ini ringan dan kerap terlupakan, tapi dapat mengantarkan pelakunya menuju surga.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah Muhammad SAW mengatakan seseorang yang menyingkirkan gangguan dari jalan umat Muslim, maka akan dicatat sebagai satu kebaikan. Dan jika kebaikan ini diterima Allah SWT karena dilakukan dengan iklas dan berharap pahala Allah SWT, maka dia berhak masuk surga.

Doa Menyambut Datangnya Pagi, Dibaca Rasulullah, Berharap Jaminan Keselamatan dan Rezeki dari Allah

“Barangsiapa menyingkirkan gangguan dari jalan kaum Muslimin, maka akan dicatat untuknya satu kebaikan, dan siapa saja yang diterima darinya satu kebaikan maka ia akan masuk surga” (HR. Bukhari dan ad-Dhiya al-Muqdisi, dari Ma’qil bin Yasar ra).

Di antara bentuk-bentuk tindakan menyingkirkan gangguan dari jalan di antaranya;

1. Memotong ranting pohon yang menggangu para pengguna jalan

Seorang muslim hendaknya memotong ranting-ranting pohon yang melintang di atas badan jalan. Karena mengganggu para pengguna jalan.

Rasulullah SAW bersabda, “Ada seorang lelaki melewati sebuah ranting pohon yang melintang di atas badan jalan, lalu ia berkata, ‘Demi Allah, aku akan memotong ranting ini agar tidak mengganggu kaum Muslimin.’ Maka, ia pun dimasukkan di dalam surga” (HR. Muslim).

Nah, sebagai seorang muslim hendaknya kita perhatian dengan keselamatan saudaranya. 

Halaman
12
Penulis: Kisdiantoro
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved