Breaking News:

NASA Temukan Planet Seukuran Bumi, Punya Potensi Kehidupan

Banyaknya cahaya yang diterima oleh planet tersebut dari Matahari pada galaksinya adalah sebesar 75 persen

NASA/GSFC
Ilustrasi planet 

TRIBUNJABAR.ID - Sebuah planet seukuran bumi ditemukan Badan Antariksa AS (National Aeronautics and Space Administration/ NASA) 

Planet yang dinamai Kepler-1649c tersebut diklain berpotensi untuk kehidupan.

Dilansir dari Kompas.com, planet ini ditemukan oleh teleskop NASA yang kini sudah tidak beroperasi yaitu Kepler Space Telescope. Teleskop ini terakhir beroperasi pada 2018.

Planet tersebut ditemukan saat NASA melihat ulang data yang diambil pada saat Kepler Space Telescope mengangkasa.

Mengutip situs resmi NASA, Kamis (16/4/2020), Kepler-1649c berjarak 300 tahun cahaya dari Bumi dan berada di luar Tata Surya.

“Dunia yang luas ini memberi harapan bagi manusia, bahwa Bumi kedua di luar angkasa sana menunggu untuk ditemukan,” tutur Thomas Zurbuchen, Associate Administrator dari Science Mission Directorate NASA di Washington DC.

Exoplanet (planet yang berada di luar Tata Surya) Kepler-1649c memiliki kemiripan ukuran dan perkiraan temperatur dengan Bumi. Planet tersebut hanya berukuran 1,06 kali lebih besar dibanding Bumi.

Cerita Bocah SD Baik Hati, Bawa Celengan Temui Ridwan Kamil, Sumbang Tabungan Buat Beli Masker

Banyaknya cahaya yang diterima oleh planet tersebut dari Matahari pada galaksinya adalah sebesar 75 persen. Ini mengindikasikan Kepler-1649c memiliki temperatur yang mirip dengan Bumi.

Namun tidak seperti bumi, Kepler-1649c mengorbit pada red dwarf. Bintang jenis ini dikenal memiliki gejolak yang membuat planet-planet di sekitarnya cukup “menantang” untuk munculnya kehidupan.

Orbit Kepler-1649c berevolusi mengelilingi red dwarf dengan jarak yang cukup pendek, yaitu 19,5 hari saja.

Meski begitu, masih banyak informasi yang perlu digali mengenai Kepler-1649c. Perhitungan mengenai temperatur dan kondisi permukaan planet bisa saja melenceng akibat kesalahan astronomi. Namun, exoplanet dengan permukaan bebatuan selalu menarik karena berpotensi untuk kehidupan.

50 Persen Lebih Pendaftar Kartu Pakerja Gelombang I Gagal akibat Ini, Ulang Saja di Gelombang II

Ada beberapa exoplanet yang berukuran mirip dengan Bumi. Antara lain TRAPPIST-1f dan Teegarden c. Beberapa exoplanet yang memiliki temperatur mirip Bumi antara lain TRAPPIST-1d dan TOI 700d.

Namun, Kepler-1649c adalah exoplanet yang memiliki kemiripan paling tinggi dengan Bumi.

“Dari semua planet yang kami temukan, planet ini (Kepler-1649c) sangat menarik. Bukan hanya soal temperatur atau ukurannya, tapi juga interaksinya dengan planet lain,” tutur Andrew Vanderburg, peneliti dari University of Texas serta penulis utama di Astrophysical Journal Letters.

Laboratorium di Wuhan Ternyata Masih Simpan 1500 Jenis Virus, Ini Kata Peneliti

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved