Breaking News:

Virus Corona di Jabar

Dishub Jabar Siapkan Konsep Operasional Transportasi Saat PSBB, Tiap Pekan Bisa Berubah

Menurut Hery, ada beragam jenis konsep pembatasan transportasi, mulai dari pembatasan sarana prasarana, hingga dihentikannya pengoperasian sejumlah mo

TRIBUN JABAR/NAZMI ABDURRAHMAN
KEPALA Dishub Jabar, Hery Antasari 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Hery Antasari, mengatakan bahwa operasional moda transportasi di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek) akan menyesuaikan jika masing-masing daerah tersebut melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Menurut Hery, ada beragam jenis konsep pembatasan transportasi, mulai dari pembatasan sarana prasarana, hingga dihentikannya pengoperasian sejumlah moda transportasi.

Hery mengaku belum tahu konsep mana yang akan dipakai untuk melakukan pembatasan transportasi menuju ke daerah Bodebek. Hal itu, kata dia, bisa diatur tergantung sesuai kondisi.

Arti PSBB, Ini Pembatasan-pembatasan yang Diberlakukan Saat PSBB

"Kita tugasnya seperti kepolisian, di perhubungan sudah menyiapkan konsep-konsep itu. Saya tidak bisa sebutkan sekarang, karena PSBB-nya pun belum dipenuhi, belum dilaksanakan tetapi kita bersiap," ujar Hery saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (8/4/2020).

Skenario yang disiapkan nantinya, kata Hery, harus dikomunikasikan dengan Dishub di masing-masing kota/kabupaten.

Sebab, dalam konsep PSBB ini ada sektor transportasi yang menjadi pengecualian.

"Daerah Bodebek sedang diajukan PSBB-nya, kita secara intens akan komunikasi dengan teman-teman di Bodebek," katanya.

Hery menambahkan, konsep transportasi di kawasan PSBB pun bisa saja tidak diterapkan secara mutlak.

Menurutnya, akan terjadi perubahan-perubahan tergantung kondisi di lapangan.

"Ini dinamis ya, Menko Maritim menyampaikan kebijakan ini semua negara, semua kota, semua provinsi nggak punya pengalaman. Singapura juga setiap tiga minggu berubah. Makanya sesuai arahan pemerintah pusat akan dipantau, review nanti beberapa minggu ke depan, saat kebijakan perlu penyempurnaan," ucapnya.

Sebelumnya, DKI Jakarta sudah resmi akan menerapkan PSBB mulai 10 April 2020, sebagai daerah penyangga Ibu Kota, daerah-daerah seperti Kota/Kabupaten Bogor, Kota/Kabupaten Bekasi dan Kota Depok pun akan mengajukan PSBB.

Kesepakatan itu muncul setelah Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, menggelar rapat koordinasi bersama lima kepala daerah tersebut melalui video conference di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (7/4/2020) malam.

Aurel Hermansyah Ngaku Bakal Nikah dengan Atta Halilintar, Pakar Mikro Ekspresi Bongkar Hal Ini

Begini Kancah Pemain Binaan Persib Bandung di Tim Utama Selama 3 Musim Terakhir

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved