Meski Dadakan, Persalinan Ibu Muda di Mobil Patroli Polisi Tetap Tertutup, Pakai Etika dan Norma

Walau dalam kondisi mendadak dan darurat, proses kelahiran ibu muda, Ika (31), warga Pakemitan

istimewa
Meski Dadakan, Persalinan Ibu Muda di Mobil Patroli Polisi Tetap Tertutup 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Walau dalam kondisi mendadak dan darurat, proses kelahiran ibu muda, Ika (31), warga Pakemitan, Ciawi, Tasikmalaya, di pintu mobil patroli Polsek Ciawi, Selasa (31/3/2020), dilakukan tertutup tidak terbuka.

Proses kelahiran yang dilakukan Kanit SPK Polsek Ciawi, Polres Tasikmalaya Kota, Aiptu Endang Rahman, dan sejumlah warga, tetap memerhatikan etika dan norma agama. Yakni dilakukan dengan menutup aurat.

"Meski sifatnya darurat, tetap mengedepankan etika dan norma agama yakni menutup aurat ibu tersebut dan ada ibu-ibu lain juga yang membantu," kata Kabag Sumda Polres Tasikmalaya Kota, Kompol Ii Rusdiandi, di Mapolres, Kamis (2/4/2020).

Seperti diketahui , Ika yang tengah berada di tepi jalan tiba-tiba kesakitan hendak melahirkan. Endang yang kebetulan melintas, segera mengontak anggota agar membawa mobil patroli sedan ke lokasi.

Liga 1 2020 Baru Mulai, Persib Bandung Sudah Kena Denda, Rugi Puluhan Juta Rupiah

Namun baru saja tubuh Ika berada di pintu depan mobil, dia keburu kaborosotan (tak bisa lagi menahan kelahiran). Endang yang hendak membawa Ika ke Puskesmas bertindak cepat jadi bidan dadakan.

Proses kelahiran yang berlangsung di pintu mobil itu pun berjalan lancar. Bayi yang lahir berjenis kelamin laki-laki. Ibu dan bayi ini segera dibawa ke Puskesmas untuk ditangani lebih lanjut.

Ema (40), warga Ciawi, menuturkan, suami Ika sebenarnya ada dilokasi. Namun saat itu ia tengah menahan tubuh istrinya dari dalam mobil. Sehingga proses kelahiran harus dibantu orang lain.

"Untung ada Pak Endang yang berani jadi bidan dadakan," ujar Ema. Kini, bayi laki-laki anak kedua Ika itu dalam kondisi sehat. Saat lahir berat badannya mencapai 2,8 kg. Keduanya saat ini sudah berada di rumah kembali.

Foto Baru Ular King Kobra Garaga, Akhirnya Ditemukan Panji Petualang di Hutan, Makin Besar dan Gagah

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved