Virus Corona di Jabar

BPJS Kesehatan Soreang Terapkan Kebijakan Khusus untuk Kurangi Penyebaran Virus Corona

Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona (COVID-19), BPJS Kesehatan Cabang Soreang melakukan beberapa prosedur bagi peserta JKN-KIS

Istimewa
Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona (COVID-19), BPJS Kesehatan Cabang Soreang melakukan beberapa prosedur bagi peserta JKN-KIS 

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG – Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona (COVID-19), BPJS Kesehatan Cabang Soreang melakukan beberapa prosedur bagi peserta JKN-KIS yang hendak mengakses pelayanan kepesertaan JKN-KIS ke kantor BPJS Kesehatan, Senin (23/03).

Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Soreang, Elfira Rosa mengatakan langkah tersebut antara lain, pengukuran suhu tubuh, penyediaan hand sanitizer dan imbauan terkait dengan selalu mencuci tangan.

“Terkait dengan Covid-19 kita sudah melakukan beberapa langkah preventif, seperti pengukuran suhu tubuh baik itu peserta maupun pegawai yang masuk dalam lingkungan kerja BPJS Kesehatan. Kemudian kita juga menyediakan hand sanitizer pada saat masuk maupun di ruangan kerja. Kita juga mengingatkan kepada pegawai dan peserta untuk sering mencuci tangan,” ujar Elfira.

Di samping itu, Elfira menjelaskan ada sejumlah pelayanan BPJS Kesehatan yang sementara ditiadakan, seperti pelayanan Mobile Customer Service (MCS), sosialisasi/pemberian informasi langsung melalui forum pertemuan, dan kegiatan lainnya yang melibatkan pengumpulan banyak orang di satu lokasi.

Meski demikian, Elfira menegaskan bahwa masyarakat tetap dapat mengakses layanan JKN-KIS dengan mudah melalui alternatif kanal lainnya seperti melalui aplikasi Mobile JKN dan Care Center 1500 400.

“Memang mulai Rabu kemarin, kita sudah mulai menerapkan social distancing dengan memberikan jarak kepada peserta dan itu tujuannya untuk preventif dari penyebaran COVID-19 atau corona. Kalau untuk menemani silahkan ditemani oleh keluarga.

Tetapi memang untuk yang memasuki pelayanan adalah yang benar-benar peserta yang akan mengurus kartu JKN itu sendiri, agar tidak terjadi penumpukan pada saat antrean dan tempat duduk peserta pada saat menunggu panggilan,” papar Elfira.

Langkah pencegahan tersebut sangat diapresiasi oleh peserta, salah satunya peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), Dedeh Rochayati (36) yang terpaksa datang ke kantor karena anaknya sedang dirawat dan ada data yang perlu diperbaiki.

“Adanya virus corona jadi serba takut. Tapi mau bagaimana lagi saya harus datang ke kantor untuk perbaikan data. Melihat yang dilakukan kantor BPJS Kesehatan sangat bagus untuk mengatasi penularan virus corona, mulai dari masuk sudah di cek suhu tubuh, cuci tangan pakai cairan antiseptik dan pada saat menunggu pun kursinya diberi jarak agar tidak berdekatan dengan orang lain. Semoga kita dijauhi dari virus corona," pungkasnya. (BS/ir)

Editor: bisnistribunjabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved