7 Negara Ini Umumkan Wabah Virus Corona Sebagai Darurat Nasional

Badan Kesehatan Dunia (WHO) beberapa waktu lalu mengirimkan surat kepada Jokowi agar menetapkan wabah virus corona sebagai darurat nasional.

Pixabay
Kumpulan orang terkenal di dunia yang terinfeksi virus corona. 

TRIBUNJABAR.ID - Badan Kesehatan Dunia (WHO) beberapa waktu lalu mengirimkan surat kepada Jokowi agar menetapkan wabah virus corona sebagai darurat nasional.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, pemerintah Indonesia menyatakan penyebaran virus corona sebagai bencana nasional.

"Bukan darurat nasional. Ini sudah bencana nasional. Darura nasional gimana? Kalau dipegang BNPB kan sudah bencana nasional ini," kata Yuri, Sabtu (14/3/2020).

Meski begitu, ada sejumlah negara yang menyatakan bahwa wabah virus penyebab penyakit Covid-19 ini sebagai darurat nasional.

Tak Perlu Beli, Begini Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer agar Terhindar dari Virus Corona

Berikut adalah beberapa di antaranya:

Spanyol

Pada hari Sabtu (14/2/2020), pemerintah Spanyol mengumumkan bahwa mereka memberlakukan pembatasan ketat pada pergerakan orang-orang hingga penutupan restoran atau perusahaan di wilayahnya.

Melansir CNBC, kebijakan ini merupakan bagian dari dampak status darurat selama dua minggu yang ditetapkan untuk memerangi peningkatan tajam infeksi virus corona.

Status darurat negara ini juga memungkinkan pemerintah pusat untuk secara legal mengambil alih kendali industri maupun fasilitas swasta, termasuk rumah sakit swasta untuk meningkatkan sistem publik yang kuat.

Hingga Minggu (15/3/2020) sore, total kasus yang telah dikonfirmasi di Spanyol adalah sebanyak 6.391 kasus dengan 196 kematian dan 517 pasien sembuh.

Halaman
1234
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved