261 CPNS 2018 di Pemkab Bandung Barat Sudah Mendapat SK PNS dan Gaji Full

CPNS tahun 2018 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat ( KBB) telah mendapatkan surat keputusan (SK) Pegawai Negeri Sipil ( PNS).

sscn.bkn.go.id
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) tahun 2018 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat ( KBB) telah mendapatkan surat keputusan (SK) Pegawai Negeri Sipil ( PNS).

Kepala Bidang Perencanaan dan Mutasi Pegawai, Badan Kepegawaian dan Pengelola Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) KBB, Dini Setiawati, mengatakan, CPNS tahun 2018 di Pemkab Bandung Barat yang sudah mendapatkan SK itu jumlahnya 261 orang.

"Betul sudah mendapat SK, diberikan pak Bupati secara simbolis kepada 5 orang," ujar Dini saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Minggu (8/3/2020).

Dalam Waktu Dekat, CPNS 2018 di Pemda KBB Akan Mendapat SK dan Gaji Full

Setelah mendapatkan SK, mereka dipastikan akan mendapat gaji full, berikut tunjangan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019 tentang peraturan gaji pegawai negeri sipil (PNS).

Dini mengatakan, untuk gaji dan tunjangan mereka akan diurus oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing sesuai formasi mereka saat mengikuti tes CPNS.

"Gaji tinggal diurus oleh bendahara gaji mereka masing sebelum tanggal 15. Berarti mereka tidak perlu rapel, tapi itu tergantung yang mengurusnya," kata Dini.

Sementara untuk formasi bidan, kata Dini, hingga saat ini belum mendapat SK dan akan diberikan pada 1 April 2020 mendatang karena kewenangannya ada di Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Untuk bidan akan diberikan bersamaan pada saat pengambilan sumpah PNS. Itu pelaksanaannya ada di bagian bangrir," katanya.

Peserta CPNS Diminta Uang Rp 250 Juta untuk Lulus, 23 Orang Ditangkap, Ada yang Kerja Sebagai PNS

Seperti diketahui, selama mereka belum mendapatkan SK PNS, selama satu tahun mereka hanya mendapatkan gaji 80 persen dan belum mendapatkan tunjangan.

Jika mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019 ada beberapa golongan untuk gaji PNS. Untuk pendidikan terakhir S1 sederajat akan masuk ke PNS golongan IIIA, D3 sederajat golongan IIC, dan SMA sederajat golongan IIA.

Bagi CPNS lulusan S1 dengan masa kerja 0 tahun akan mendapat gaji Rp 2.579.400, lulusan D3 dengan masa kerja 3 tahun mendapat Rp 2.301.800, dan lulusan SMA dengan masa kerja 0 tahun Rp 2.022.200.

"Setelah satu tahun peserta CPNS bisa mendapat gaji full dan mendapat SK, tapi harus ikut ujian kompetensi dulu, baru bisa," kata Dini.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved