Longsor Terjadi di Cadas Pangeran Sumedang, Sempat Ganggu Arus Lalu Lintas dan Ancam Rumah Warga

Longsor terjadi di Cadas Pangeran, Sumedang. Sempat mengganggu arus lalu lintas dan kini mengancam rumah warga.

Kompas.com/Aam Aminullah
Personel Kodim 0610/Sumedang bersama petugas lainnya membersihkan material longsor di Jalan Raya Bandung-Cirebon, Jumat (6/3/2020) malam. DOK. Kodim 0610/Sumedang. 

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Longsor terjadi di kawasan Cadas Pangeran, Jumat (6/3/2020) sore.

Sebuah tebing setinggi 10 meter longsor di Jalan Raya Bandung-Cirebon tersebut.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 17.50.

Material longsor berupa tanah dan pohon-pohon kecil di tebing sekitar kawasan Cadas Pangeran ini sempat menutupi badan jalan nasional penghubung Bandung-Cirebon.

Dandim 0610/ Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah mengatakan, material longsor cukup mengganggu arus lalu lintas di sekitar lokasi.

Selain itu, longsor juga mengancam rumah Kartama (56) yang letaknya berada di samping tebing di Dusun Haur Koneng, RT 01/02, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, tersebut.

"Alhamdulillah, untuk korban jiwa tidak ada. Kami langsung ke lokasi untuk membersihkan material longsor," ujar Novianto kepada Kompas.com, Jumat malam.

Novianto menuturkan, longsor juga mengikis halaman rumah bagian depan milik warga.

"Pak Kartama dan keluarga kami imbau untuk lebih meningkatkan kewaspadaannya, karena longsoran tebing ini cukup mengancam rumahnya. Jika hujan terjadi terus menerus, kami imbau mengungsi sementara ke tempat lebih aman," tutur Novianto.

Novianto menambahkan, bersama unsur lain, khususnya jajaran Polres Sumedang, pihaknya mengamankan arus lalu lintas saat evakuasi material longsor yang sempat menutup badan jalan.

"Kepada para pengguna jalan. Baik itu dari arah Bandung maupun dari arah sebaliknya kami imbau lebih waspada," kata Novianto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tebing di Kawasan Cadas Pangeran Longsor dan Ancam Rumah Warga".

Editor: taufik ismail
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved