Internet of Things Kini Sudah Merambah Papua, 5 Titik Smart PJU Sudah Berdiri

Menurut Tribe Leader IoT Platform PT Telkom, I Ketut Agung Enriko, pihaknya memasang Smart Penerangan Jalan Umum (PJU) pada 5 titik di Papua

Internet of Things Kini Sudah Merambah Papua, 5 Titik Smart PJU Sudah Berdiri
Istimewa
Tim Tribe IoT merayakan keberhasilan memasang IoT di Jayapura. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kemajuan teknologi digital kian tak terbendung. Kebutuhan akses yang kian memudahkan kehidupan manusia kini bisa terwujud melalui teknologi digital ini, salah satunya melalui teknologi internet of things (IoT).

Kemudahan IoT di Indonesia kini juga semakin mudah didapatkan berkat pengembangan teknologi dari PT Telkom. IoT milik PT Telkom kian diminati masyarakat Indonesia, bahkan hingga sampai ke Papua.

Menurut Tribe Leader IoT Platform PT Telkom, I Ketut Agung Enriko,  pihaknya memasang Smart Penerangan Jalan Umum (PJU) pada 5 titik di ibukota Provinsi Papua tersebut pada pada 18-20 Februari. 

UPDATE, Kasus Baru Virus Corona di Malaysia, Pasien Sebelumnya Berkunjung ke Indonesia

"Hal itu atas permintaan implementasi smart city oleh wali kota Jayapura sebagai bagian persiapan menjelang pelaksanakan PON 2020 pada Oktober nanti," kata Enriko dalam keterangan tertulis kepada Tribunjabar.id, Sabtu (29/2/2020).

Menurut Enriko, Tim Tribe IoT Telkom bersama tim Mitratel dan Witel Papua melakukan intalasi gateway berteknologi LoRa (Long Range) serta PoC (Proof of Concept) dari Smart PJU pada 5 titik di kota Jayapura.  

Disebut Smart PJU karena alat ini dilengkapi sensor yang bisa menyala atau mati merujuk sensor cahaya serta bisa memantau kondisi lampu (on/off/rusak) secara dari jauh yakni dengan memantau dari dashboard. 

Kegiatan dimulai 18 Februari ketika tim Mitratel menginstalasi 1 gateway LoRa di lokasi dekat rumah jabatan Walikota Jayapura di daerah Entrop. Instalasi selesai tanggal 19 dan telah dilakukan ujicoba yang mana rata-rata cakupan area sampai 2 hingga 4 km.

Jelang Persib Bandung vs Persela Lamongan, Robert Optimis Dapat 3 Poin, Nil Maizar Siap Curi Poin

"Tim Tribe IoT mulai melakukan instalasi lima sensor Smart PJU di 5 titik yaitu Rumah jabatan Walikota, SMK 4 Jl Abepura, Madrasah Jl Abepura, Jalan Alternatif Entrop 1, dan Jalan Alternatif Entrop 2, Pada tanggal 20," katanya.

Enriko menambahkan, produk percontohan itu direncanakan berlangsung selama 1-2 bulan untuk ke depannya akan dievaluasi dan negosiasi komersial oleh tim Witel Papua. Telkom memproyeksikan dapat mengambil peluang ini karena di Kota Jayapura ada 6000 titik lampu, belum di Kabupaten Jayapura serta kota/kabupaten lainnya.

Halaman
12
Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved