Batalkan Kunjungan ke Dua Negara, Kang Emil: Saya Langsung Pantau Banjir di Jabar

Ridwan Kamil membatalkan kunjungan kerja ke dua negara, setelah Australia, demi menemui langsung korban banjir di Kabupaten Subang dan daerah lainnya

Batalkan Kunjungan ke Dua Negara, Kang Emil: Saya Langsung Pantau Banjir di Jabar
Istimewa / Humas Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil melakukan videoconference dari Australia ke Sekretaris Daerah Jabar Setiawan Wangsaatmaja di Jabar Command Center, Kota Bandung, Rabu (26/2/2020) pukul 17.00 WIB atau 21.00 waktu setempat terkait penanganan banjir. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membatalkan kunjungan kerja ke dua negara, setelah Australia, demi menemui langsung korban terdampak banjir di Kabupaten Subang dan daerah lainnya di Jabar.

Hal itu disampaikan Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, saat melakukan videoconference dari Australia ke Sekretaris Daerah Jabar Setiawan Wangsaatmaja di Jabar Command Center, Kota Bandung, Rabu (26/2/2020) pukul 17.00 WIB atau 21.00 waktu setempat.

"Saya sebagai gubernur memutuskan akan pulang (ke Indonesia). (Kunjungan) dua negara saya batalkan, ada 6 sampai 7 agenda dibatalkan," ucap Kang Emil.

Urus Banjir, Ridwan Kamil Percepat Kunjungan di Australia dan Batalkan Kunjungan ke Turki

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat mengunjungi Vihara Samudra Bakti, Jalan Kelenteng, Kota Bandung, Sabtu (25/1/2020).
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat mengunjungi Vihara Samudra Bakti, Jalan Kelenteng, Kota Bandung, Sabtu (25/1/2020). (Tribun Jabar/Nazmi Abdurrahman)

"Saya paham secara psikologis kehadiran pemimpin dibutuhkan. Saya sangat berempati sehingga membatalkan kunjungan ke dua negara yang sudah direncanakan sejak tahun lalu," katanya.

Berdasarkan penuturan Kang Emil, dirinya akan terbang dari Australia Kamis (27/2) pukul 01:00 waktu setempat. Setelah pesawat transit di Singapura, Kang Emil dijadwalkan akan tiba di Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung pukul 09:00 WIB.

"Nanti gubernur (saya) langsung ke Subang," tegasnya.

Selain itu, Kang Emil juga menyoroti peran masing-masing perangkat daerah dalam memberikan tanggapan kebencanaan. Peran gubernur di Jabar, tuturnya, tidak secara langsung mengambil keputusan di tingkat kabupaten/kota karena otoritas ada di bupati/wali kota yang dipilih langsung oleh rakyat.

"Jadi yang diharapkan, pertama BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jabar harus lebih responsif dan melaporkan ke publik reponsivitasnya," kata Kang Emil.

"Kedua, pembangunan Jabar berbeda dengan Jakarta. (Di Jabar) ada hierarki bupati/wali kota, jadi yang bertanggung jawab adalah kepala daerahnya," ujarnya.

Atasi Banjir Jabodetabek, Sekda Jabar: Pemerintah Komitmen Normalisasi Sungai dan Perbaiki Drainase

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja
Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja (Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam)
Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved