Longsor di Tol Cipularang

VIDEO-Kakorlantas Polri: Rekayasa Lalu Lintas di KM 118 Tol Cipularang Diberlakukan Situasional

Kakorlantas Polri mengatakan rekayasa lalu lintas di KM 118 Tol Cipularang dilakukan situasional.

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono mengatakan, rekayasa arus lalu lintas seperti contra flow di Jalan Tol Cipularang KM 118+600 akan diberlakukan secara situasional.

Rekayasa arus lalu lintas tersebut dilakukan selama pengerjaan lereng di samping Tol Cipularang arah Jakarta yang beberapa lalu longsor diperbaiki oleh pihak dari PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi.

"Iya, (situasional), ini kami berlakukan jika ada trigger, ada masalah seperti ada kepadatan. Untuk volume kendaraan akan kami baca nanti," ujarnya saat meninjau lokasi longsor, Rabu (19/2/2020).

Menurutnya, jika kondisi arus lalu lintas lancar-lancar saja, rekayasa arus lalu lintas dengan cara contra flow tersebut tidak perlu dilakukan, sehingga rekayasa itu akan dilakukan situasional.

"Kalau terjadi kepadatan hingga antreannya panjang dan menganggu pengguna jalan, kami akan langsung berlakukan contra flow," katanya.

Untuk saat ini, pihaknya memastikan tidak ada gangguan arus lalu lintas yang cukup signifikan di Tol Cipularang meskipun sedang dilakukan perbaikan lereng yang longsor.

"Tidak ada dampak, hanya pemberlakukan kendaraan yang kelas 2 ke atas (yang melaju ke arah Jakarta) kami alihkan ke lajur kanan," ucap Istiono.

Diberitakan sebelumnya, Istiono mengatakan, jika terjadi cuaca ekstrem saat perbaikan lereng dilakukan, pihaknya juga sudah menyiapkan langkah alternatif yang lain dengan cara mengalihakan arus lalu lintas dari Bandung menuju Jakarta ke Padalarang Timur.

"Itu sampai di gate Tol Jatiluhur dan rambu lalu lintas serta personel sudah kami siapkan. Kami juga sudah survei, oleh karena itu bila ada trigger masalah di titik ini akan segera kami berlakukan langkah alternatif ini," ucapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Kakorlantas Polri Katakan Rekayasa Lalu Lintas di KM 118 Tol Cipularang Dilakukan Situasional, https://jabar.tribunnews.com/2020/02/19/kakorlantas-polri-katakan-rekayasa-lalu-lintas-di-km-118-tol-cipularang-dilakukan-situasional.
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Video production: Dicky Fadiar Djuhud
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved