EKSKLUSIF- Pencairan Dana BOS Telat, Pengamat Cecep Darmawan: Harus Ada Evaluasi, Termasuk Sistem

Pencairan dana BOS, kata Cecep Darmawan, tidak boleh terlambat karena pasti akan berpengaruh terhadap operasional sekolah.

EKSKLUSIF- Pencairan Dana BOS Telat, Pengamat Cecep Darmawan: Harus Ada Evaluasi, Termasuk Sistem
Tribun Jabar/Arie Ruhiyat
Ilustrasi pencairan dana BOS 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Pengamat kebijakan pendidikan, yang juga guru besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Prof Cecep Darmawan, mengatakan, keterlambatan pencairan dana BOS, apalagi sampai membuat para kepala sekolah pontang-panting mencari dana talangan, seharusnya tak boleh terjadi.

Pencairan dana BOS, kata Cecep Darmawan, tidak boleh terlambat karena pasti akan berpengaruh terhadap operasional sekolah.

"Tentu saja bila hal ini sampai terjadi, harus ada evaluasi, termasuk pada sistemnya. Apakah sistemnya sudah adaptable dengan kondisi di tiap daerah di Indonesia? Ini penting, sebab kemajuan teknologi informasi di satu daerah kerap berbeda dengan daerah lainnya," kata Cecep Darmawan melalui telepon kepada Tribun, Sabtu (15/2/2020).

Hal lain yang juga harus dievaluasi, kata Cecep Darmawan, adalah skema manajerial dan time line penyaluran dana BOS itu.

Cecep mengatakan, semestinya tahapan penyaluran dana BOS telah selesai saat dimulainya tahun ajaran baru.

Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sekaligus Pengamat Pendidikan, Prof Dr Cecep Darmawan
Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sekaligus Pengamat Pendidikan, Prof Dr Cecep Darmawan (Istimewa)

EKSKLUSIF- Jalur Panjang Dana Bos Dipangkas, Alokasi untuk Bayar Guru Honorer bisa Hingga 50 persen

EKSKLUSIF- Pontang-panting Cari Dana Talangan BOS, Kepala Sekolah Terpaksa Gadaikan Kendaraan

Langsung dikirimkannya dana BOS dari pusat ke rekening sekolah, kata Cecep, dapat mempercepat proses penyaluran dana BOS.

Penyaluran dana BOS, ucap Cecep Darmawan, sebaiknya tetap dilakukan jauh-jauh hari, sebulan atau dua bulan sebelum pelaksanaan pembelajaran dimulai untuk mengantisipasi gangguan sistem dalam penyaluran dana.

Jika dalam skema penyaluran dana BOS ini pemerintah pusat berat atau tidak dapat melakukannya sesegera mungkin, sebaiknya pemerintah pusat segera berkoordinasi dengan pemerintahan daerah untuk melakukan upaya pemenuhan kewajiban sementara.

"Karena itu, meskipun skema penyaluran bantuan langsung ke sekolah ini merupakan langkah yang sangat baik, harus pula diikuti dengan perencanaan matang dari penerapan skema baru ini, khususnya time line penyalurannya.

Sebab, jika terjadi masalah, dampaknya bukan cuma ratusan ribu sekolah yang merasakan, tetapi juga jutaan generasi masa depan bangsa ini," katanya. (cipta permana)

Penulis: Cipta Permana
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved