Bantu dan Tangani Longsor di Kampung Hegarmanah, Bupati KBB Andalkan CSR Jasa Marga

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara mengandalkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Jasa Marga

Bantu dan Tangani Longsor di Kampung Hegarmanah, Bupati KBB Andalkan CSR Jasa Marga
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kondisi terkini longsor di Kampung Hegarmanah RT 3/4, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (12/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Bupati Bandung Barat, Aa Umbara mengandalkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Jasa Marga untuk membantu dan menangani longsor yang menerjang Kampung Hegarmanah, RT 3/4, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Seperti diketahui, bencana yang menerjang kampung tersebut akibat longsor dari tebing samping Jalan Tol Purbaleunyi hingga menimbun 3 hektare sawah dan 10 rumah warga yang dua rumah di antaranya rata dengan tanah.

"Kemarin saya sudah rapat dengan Jasa Marga, mereka siap mengeluarkan CSR selama satu tahun untuk memperbaiki itu (kerusakan), kita sudah rapat langsung," ujarnya saat ditemui seusai mengisi kuliah umum di Kampus Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Cimahi, Jumat (14/2/2020).

Namun, untuk saat ini pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah dari dana CSR itu, tetapi jika dana tersebut tidak cukup Pemkab Bandung Barat siap untuk mengeluarkan dana tambahan.

Sah, Setiawan Wangsaatmadja Resmi Jadi Sekda Jabar, Balik ke Bandung Setelah 7 Tahun di Jakarta

"Itu pasti, karena masyarakat kita. Mereka juga pasti direlokasi dan untuk bantuan perbaikan rumah, kita akan lihat dalam satu atau dua minggu ini," kata Aa Umbara.

Menurutnya, sawah seluas 3 hektare yang sudah tertimbun longsor, seharusnya dibeli oleh Jasa Marga, kemudian lahan tersebut dimanfaatkan untuk tanaman yang bisa tumbuh di lahan yang keras.

"Jangan, pakai lagi sawah karena tanah yang sekarang gembur termasuk yang dipakai tol. Kayanya dulu itu tanah yang biasa terisi air kaya gitu," ucapnya.

Duel Persib Bandung vs Persis Solo, Robert Alberts Anggap Laga Penting

Terkait hal itu, pihaknya sudah menyampaikan ke pihak Jasa Marga saat rapat dan mereka, kata Umbara sangat responsif dan sudah siap untuk melakukan perbaikan.

"Kalau sudah dibeli Jasa Marga bisa ditanam pohon, terus tembok penahan tanah (TPT) harus yang kuat, jadi yang disana gak usah direlokasi," katanya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved