Disindag Jabar Upayakan Harga Bawang Putih Kembali Normal di Jabar, Sidak ke Gudang Bawang Putih

Disindag Jabar menindaklanjuti perintah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk mengantisipasi kelangkaan bawang putih di pasaran.

Disindag Jabar Upayakan Harga Bawang Putih Kembali Normal di Jabar, Sidak ke Gudang Bawang Putih
Istimewa
Disindag Jabar bersama Satgas Pangan Polda Jabar melakukan sidak ke gudang perusahaan importir bawang putih 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABARA.ID, BANDUNG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat menindaklanjuti perintah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk mengantisipasi kelangkaan bawang putih di pasaran.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat Mohamad Arifin Soedjayana mengatakan pihaknya sudah melakukan langkah-langkah untuk mengatasi kelangkaan bawang putih yang terkena dampak penyebaran virus corona dari Cina.

“Kami langsung menindaklanjuti arahan Pak Gubernur, yaitu melakukan langkah-langkah dengan Satgas Pangan Polda Jabar,” katanya di Bandung, Rabu (12/2/2020).

Harga Bawang Putih di Kabupaten Bandung Melambung Tinggi, Masyarakat Diimbau Tidak Khawatir

Pihaknya juga sudah menemui Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan terkait kemungkinan masuknya lagi bawang putih impor dari Cina.

Menurutnya Kementerian Perdagangan memastikan tidak ada pembatasan impor dari Cina termasuk bawang putih.

“Yang dilarang hanya hewan hidup, bawang putih bisa impor,” katanya.

Mekanisme izin impor bawang putih, ujarnya, melalui rekomendasi impor produk hortikultura (RPIH) dari Kementerian Pertanian, sementara izin impor dari Kementerian Perdagangan pun sudah diterbitkan.

“Kami juga sudah melakukan konsolidasi di tingkat distributor yang ada di Bandung, kondisinya memang di distributor Caringin dan Ciroyom barang kosong,” katanya.

Dari hasil laporan Satgas Pangan di tingkat pusat, pekan ini harga bawang putih di sejumlah daerah terpantau mengalami penurunan 17 persen.

Halaman
123
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved