Longsor di Bandung Barat

BREAKING NEWS : Longsor Terjang Desa Hegarmanah, Sawah Terendam dan Satu Rumah Hancur

Longsor dari tebing di sekitar tol Purbaleunyi menerjang Kampung Cihaniwung RT 02/04, Desa Hegarmanah, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat

BREAKING NEWS : Longsor Terjang Desa Hegarmanah, Sawah Terendam dan Satu Rumah Hancur
Istimewa
Petugas BPBD KBB saat menunjukan lokasi longsor Kampung Cihaniwung RT 02/04, Desa Hegarmanah, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (11/2/2020) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Longsor dari tebing di sekitar tol Purbaleunyi menerjang Kampung Cihaniwung RT 02/04, Desa Hegarmanah, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (11/2/2020) malam.

Longsor tersebut menimbun area persawahan dan satu rumah milik Jajang (50) hingga hancur total, bahkan saat kejadian warga berlarian menyelamatkan diri karena lumpur saat itu terus bergerak.

Pantauan Tribun Jabar, hingga pukul 22.30 WIB warga masih bersiaga di lokasi kejadian karena dikhawatirkan tanah longsor tersebut terus bergerak ke pemukiman warga yang lain.

Suara Gemuruh Terdengar Warga Sebelum Material Longsor Menimpa Kantor RW di Kawasan Cileunyi

Jajang mengatakan, longsor tersebut terjadi sangat mendadak dan sempat menghancurkan saung di sawah sebelum menghancurkan rumahnya.

"Saat itu saya dan istri belum tidur, tiba-tiba tanah dari atas bergerak," ujarnya saat ditemui di lokasi kejadian.

Setelah itu, dia dan keluarganya langsung menyelamatkan diri, namun rumahnya tidak bisa terselamatkan hingga akhirnya rata dengan tanah.

Tertimbun Longsor, Gudang dan Fasilitas Kantor RW di Cileunyi Hancur

Warga lainnya, Dian Aisyah (23) menyebutkan longsor itu terjadi secara tiba-tiba tanpa ada hujan sebelumnya dan diperkirakan longsor itu terjadi sekitar pukul 21.21 WIB.

"Jumlah rumah yang terdampak belum bisa dipastikan, longsoran tanah kemungkinan bakal merambat ke pemukiman lain," ucapnya.

Hingga saat ini, petugas dari BPBD KBB, aparat kepolisian dan warga setempat masih bersiaga di lokasi dan untuk warga yang terdampak sudah diungsikan.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved