Pemprov Jabar Tak Kunjung Berikan Penjelasan, DPRD KBB Ancam Tutup TPA Sarimukti

Anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyebutkan, hingga saat ini Pemprov Jabar belum

Pemprov Jabar Tak Kunjung Berikan Penjelasan, DPRD KBB Ancam Tutup TPA Sarimukti
Istimewa
Tumpukan sampah di TPA Sarimukti menimpa bangunan dan mengakibarkan seorang korban jiwa. Peristiwa itu terjadi saat hujan deras disertai angin, Rabu (4/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, PADALARANG - Anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyebutkan, hingga saat ini Pemprov Jabar belum memberikan kejelasan terkait nasib dan status lahan TPA Sarimukti yang izinnya sudah habis.

Ketua Komis III DPRD KBB, Iwan Ridwan mengatakan, berdasarkan hasil kunjungan ke Perum Perhutani, ternyata Memorandum of Understanding (MoU) penggunaan TPA Sarimukti itu sudah selesai sejak tahun 2018.

"Artinya, sekarang ini TPA Sarimukti tanpa kejelasan kalau terjadi masalah atau resiko siapa yang bertanggung jawab," ujar Iwan saat dihubungi Tribun Jabar, Minggu (9/2/2020).

Pihaknya pun menyesalkan pihak Pemprov Jabar yang hingga saat ini belum memberikan penjelasan terkait status legalitas MoU TPA Sarimukti dan penataan TPA Sarimukti pasca selesainya MoU penggunaan TPA tersebut.

Bella Sang Penyiar Radio Itu Temukan Jati Diri dengan Karakter Gilanya, Instagram-nya Banyak Diikuti

Padahal, pihaknya sudah mencoba minta penjelasan secara resmi dengan berkirim surat ke Gubernur untuk berkonsultasi pada dua bulan yang lalu, tetapi hingga saat ini, langkah tersebut tidak pernah ditanggapi.

"Selanjutnya bagaimana perencanaan masa depan Sarimukti setelah TPA ditutup nanti ? karena pihak Pemprov Jabar tidak merespon surat resmi kami, maka kami sekarang sudah berkirim surat lagi ke DPRD Provinsi," ucap Iwan.

Apabila permohonan tersebut tak kunjung direspon, Iwan menilai, bahwa pihak dari Pemprov Jabar dan DPRD Jabar tidak peduli dengan masyarakat yang ada di sekitar Sarimukti.

Untuk itu, kata dia, pihaknya terpaksa akan menutup TPA Sarimukti sebelum hal-hal yang tidak diinginkan, seperti longsor sampah terjadi dan bisa menimpa masyarakat setempat.

Lama Tak Jumpa Seusai Pilkada, Ridwan Kamil Minta Maaf ke Prabowo, Ini yang Dibicarakannya

"Semoga sesama wakil rakyat bisa segera merespon sekaligus mau menerima kunjungan kami dan memediasi persoalan TPA Sarimukti antara kabupaten kota pengguna manfaat," ujarnya.

Atas hal tersebut, pihakmya meminta pihak Pemprov Jabar lebih serius lagi dalam menangani persoalan TPA Sarimukti yang berlokasi di Kecamatan Cipatat, KBB itu.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved