Telkom University Jadi Lokasi Tes CPNS untuk 70 Ribu Peserta dari 11 Kabupaten/Kota di Jabar

Kampus Telkom University di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung menjadi lokasi Seleksi Penerimaan Calon

Telkom University Jadi Lokasi Tes CPNS untuk 70 Ribu Peserta dari 11 Kabupaten/Kota di Jabar
Tribunjabar/Cipta Permana
Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman meninjau dan memotivasi para peserta tes SKD CPNS 2020 di Telkom University Convention Hall, Kabupaten Bandung. Jumat (7/2/2020) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kampus Telkom University di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung menjadi lokasi Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah 2019 bagi 70 ribu peserta dari sebelas kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat.

Kesebelas Kabupaten/Kota tersebut meliputi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Cianjur, Kota Sukabumi, Kota Bekasi, dan Kota Cimahi, secara bergantian melaksanakan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Gedung Telkom University Convention Hall, mulai sejak tanggal 6-12 Februari 2020 mendatang.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman yang turut hadir memantau gelaran tes CPNS serta memberikan motivasi bagi para calon apratur sipil wilayahnya tersebut, mengaku mengapresiasi upaya persiapan hingga pelaksanaan dari Telkom University bersama Badan Kepegawaian Negara. Terlebih, Telkom University Convention Hall mampu menampung dan melayani lima ribu peserta setiap harinya.

"Pertama saya ucapkan terima kasih kepada Telkom University dan BKN telah mampu melayani pelaksanan tes SKD CPNS 2019 untuk Kabupaten Cianjur hari ini dan kemarin. Berdasarkan data informasi yang tercatat, terdapat 3.395 peserta yang sedang berkompetisi memperebutkan kuota 159 orang yang disediakan oleh Pemkab Cianjur," ujarnya di Telkom University. Jumat (7/2/2020).

Pelantikan dan Pengumuman Open Bidding Kadis di Purwakarta Hari Ini, Begini Kata Kepala BKPSDM

Herman menururkan, kuota yang disediakan tersebut meliputi tenaga medis dokter dan perawat, tenaga analis, akuntansi, dan tata usaha untuk 17 kedinasan atau SKPD di Pemkab Cianjur.

"Selain itu, seleksi penerimaan ini, sebagai upaya antisipasi dari para ASN yang mulai memasuki masa pensiun, karena setiap tahun tercatat tidak kurang 500 ASN di kami yang mengalami pensiun. Maka kami berharap, melalui langkah ini dapat menghasilkan calon-calon tenaga ASN yang berkualitas untuk memajukan Kabupaten Cianjur yang lebih baik," ucapnya.

Disinggung mengenai alasan penyelenggaraan seleksi CPNS yang sangat jauh dari Kabupaten Cianjur, menurutnya, selain karena merupakan keputusan dari BKN tetapi juga secara sarana dan prasarana di Kabupaten Cianjur sejauh ini belum tersedia.

"Kami sebenarnya sih inginnya di Cianjur saja ya biar dekat, karena kasian juga mereka selain sudah jauh, ongkos yang dikeluarkan pun berapa, tapi ternyata tidak lolos atau tidak beruntung, karena yang dibutuhkan hanya 159 orang saja," ujar Herman.

Jumlah kouta yang disediakan ini pun lanjutnya, masih jauh dari keinginannya, mengingat besarnya jumlah ASN yang pensiun, khususnya paling banyak di tenaga guru. Oleh karena itu, saat ini di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur masih terdapat lebih dari 600 tenaga honor, dengan 540 diantaranya tenaga guru yang sementara diangkat dengan K3, karena regulasi surat keputusan pengangkatannya sebagai ASN belum terbit dari KemenPAN-RB.

Cara Mudah Melihat Pesan yang Sudah Dihapus di WhatsApp atau WA

Sementara itu, Wakil Rektor II Telkom University, Dr. Rina Pasaribu menambahkan, terselenggaranya SKD CPNS 2019 di Telkom University, berkat adanya kerjasama antara pihaknya dengan BKN dan Pemerintah Kabupate/Kota di Jawa Barat yang terjalin sejak tahun 2018.

Oleh karenanya, kondisi ini menjadi tahun kedua, setelah di tahun sebelumnya, hanya diikuti oleh tiga kabupaten/kota yaitu, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Bekasi.

"Penyelenggaraan tes ini berlangsung sekitar 90 menit secara transparansi, sehingga para peserta dapat langsung mengetahui hasil dari usahanya di layar monitor yang tersedia di Telkom University Convention Hall. Mudah-mudahan upaya ini dapat menghasilkan generasi-generasi emas bangsa untuk Indonesia Maju," katanya

Penulis: Cipta Permana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved