Cacing Pita Bersarang di Otak Pria Ini 10 Tahun, Diduga Setelah Makan Babi yang Tak Matang

Hal ini terungkap saat pria bernama Gerardo itu memeriksan diri ke dokter dan mengeluhkan sakit kepala hingga muntah.

KXAN via Sky News
Hasil pemindaian MRI terhadap Gerardo, seorang pria di Meksiko, mengungkapkan terdapat cacing pita yang ada di otaknya. Menyebabkannya sakit kepala hingga muntah selama 10 tahun terakhir. 

TRIBUNJABAR.ID, AUSTIN - Seekor cacing pita bersarang di dalam otak seorang pria di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Hal ini terungkap saat pria bernama Gerardo itu memeriksan diri ke dokter dan mengeluhkan sakit kepala hingga muntah.

Akhirnya diketahui bahwa cacing pita itu telah bersarang di dalam otaknya selama 10 tahun.

Dokter di Texas mengemukakan, cacing itu tumbuh perlahan-lahan di tubuh setelah dia memakan babi yang tidak matang di Meksiko.

Antisipasi Virus Corona, Australia Evakuasi Warga dari Wuhan dan Siapkan Karantina di Pulau Natal

Gerardo mengungkapkan, dia sering mengeluh sakit kepala serta merasa "tidak nyaman" selama beberapa bulan, dilaporkan Sky News Selasa (28/1/2020).

Dia akhirnya memutuskan untuk menjalani pemindaian MRI setelah pingsan ketika sedang bermain sepak bola pada tahun lalu.

Kepada KXAN-TV, bagian dari NBC, Gerardo menuturkan bahwa rasa sakitnya itu terus menyerang hingga membuatnya mencucurkan keringat.

"Saya berkeringat karena rasa sakit yang berasal dari kepala, dan ketika saya sudah tidak tahan, maka saya pun muntah," paparnya.

Dokter Jordan Amadio, ahli bedah saraf Ascension Seton di Austin menuturkan, kasus yang menimpa Gerardo "langka dan luar biasa".

"Di kawasan tertentu, seperti Texas dan California, hal ini mungkin umum. Jadi, dalam pemikiran saya, setiap ahli medis harus waspada," jelasnya.

AS Baru Berupaya Kembangkan Vaksin, Peneliti Hong Kong Klaim Temukan Vaksin Virus Corona

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), beberapa jenis cacing pita bisa menyebabkan infeksi parasit taeniasis.

Berdasarkan keterangan pakar, memakan daging yang kurang matang bisa menjadi penyebab mengapa ada cacing tersebut di otak.

Gerardo melanjutkan, dia sembuh setelah menjalani serangkaian operasi yang rumit untuk mengeluarkan parasit itu dari kepalanya.

Gerardo berkata selain dirinya, cacing pita sempat menghinggapi otak saudarinya beberapa tahun silam. (Kompas.com/Ardi Priyatno Utomo)

Sumber: Kompas.com https://amp.kompas.com/internasional/read/2020/01/29/17154521/mengeluh-sakit-kepala-hingga-muntah-ternyata-ada-cacing-pita-di-otak

Mahasiswa Indonesia di Wuhan China Segera Dievakuasi, Diminta Siapkan Sejumlah Dokumen

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved