821 Pesilat dari Berbagai Baguron se-Pulau Jawa Bertarung di Ciamis

Sebanyak 821 pesilat dari berbagai perguruan (paguron) silat akan bertarung di Ciamis selama tiga hari pada akhir pekan ini

821 Pesilat dari Berbagai Baguron se-Pulau Jawa Bertarung di Ciamis
Tribun Jabar/Andri M Dani
Kejuaraan silat antarpaguron se-Pulau Jawa berlangsung di Ciamis selama tiga hari mulai Jumat (24/1/2020) sampai Minggu (26/1/2020) di Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis yang dibuka oleh Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS- Sebanyak 821 pesilat dari berbagai perguruan (paguron) silat akan bertarung di Ciamis selama tiga hari mulai Jumat (24/1/2020) sampai Minggu (26/1/2020).

Mereka datang dari paguron silat dari Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Ratusan pesilat tersebut adalah peserta Kejuaraan Silat Antar Perguruan se-Pulau Jawa “Perisai Diri Open XIII 2020” di Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis.

Menurut Hendrik Pangeman, pelatih silat Perisai Diri yang juga sesepuh penyelenggara kegiatan, mengatakan kejuaraan ini rutin diselenggarakan tiap tahun di Ciamis sejak 13 tahun lalu.

“Gelaran ini sebagai bentuk pembinaan atlet silat sekaligus silaturahmi antarperguruan silat se-Pulau Jawa,” ujar Hendrik Pangemanan kepada Tribun setelah pembukaan Kejuaraan Silat Antar Perguruan se Pulau Jawa “Perisai Diri Open XIII” di GGT Ciamis Jumat siang.

Mengenal Pesilat Cantik Viral, Gas Elpiji Ditendang, Kekuatannya Buat Besi Bengkok & Dinding Bolong

Pencak Silat Ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Kejuaraan silat ini, kata Hendrik, adalah untuk tingkat pelajar (SD, SMP, dan SMA) dan kategori umum (senior).

Ke-821 pesilat yang mengikuti kejuaraan tersebut berasal dari 44 perguruan silat yang ada di Pulau Jawa.

Dari Banten, misalnya, ada Perguruan Silat Perisai Diri (PD), Gagak Rimang, Ciung Wanara dan lainnya. Dari DKI Jakarta ada PD, Tapak Suci, Merpati Putih.

Lalu dari Jabar diantaranya ada PD, Mekar Siliwangi, Ciung Wanara Putra Galuh (Ciamis), Kera Sakti (Banjar), Pajajaran, Taji Malela dan lainnya.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved