Akibat Longsor di Kompleks Trinity Parongpong KBB, 1.999 Keluarga Kesulitan Air Bersih

Tebing di Kompleks Trinity RT 01/03, Desa Cigugurgirang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) longsor

Istimewa
Tebing yang longsor di Kompleks Trinity RT 01/03, Desa Cigugurgirang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, PARONGPONG- Tebing di Kompleks Trinity RT 01/03, Desa Cigugurgirang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) longsor hingga mengakibatkan pipa air sepanjang 30 meter terputus.

Tebing setinggi 70 meter yang longsor pada Selasa (21/1/2020) malam itu tidak mengakibatkan korban jiwa, namun sejumlah warga tidak mendapat pasokan air bersih.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo mengatakan, akibat longsor itu, pasokan air bersih terhadap 1.999 kepala keluarga di 7 RW Desa Cigugurgirang hingga saat ini masih terhenti.

"Selain berdampak pada terhentinya saluran air bersih, longsor itu mengakibatkan satu rumah ibadah rusak," ujar Duddy Prabowo saat dikonfirmasi, Rabu (22/1/2020).

Ia mengatakan, longsor itu terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut, ditambah kontur tanah di sekitar lokasi kejadian sangat labil dan kemiringan lahan yang curam.

Longsor Proyek Perumahan Rancamulya, SMAN 2 Sumedang Peringatkan Ini

Khawatir Longsor, SMAN 2 Sumedang Tolak Pembangunan Proyek Perumahan

Hal tersebut, kata dia, mengakibatkan longsor berupa material batu dan pasir menimbun dan menghalangi pipa saluran air bersih bagi masyarakat setempat.

"Tapi pihak pengembang Komplek Trinity akan membantu memperbaiki saluran air yg terputus, termasuk saat ini sudah menyediakan alat berat," katanya.

Sementara BPBD KBB, kata dia, bakal melakukan kajian pasca terjadinya longsor itu. Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada jika terjadi hujan deras di wilayah tersebut.

"Kami akan melakukan kajian geologi atas adanya longsor yang terjadi," ucapnya.

Hingga saat ini, BPBD dibantu pihak pengembang tengah mengevakuasi material longsor yang menimbun saluran irigasi dan pipa air bersih di tempat tersebut.

"Pihak Trinity, akan bertanggung jawab atas kejadian itu," kata Duddy.

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved