Breaking News:

Kecelakaan Maut di Subang

Jenderal Polisi Sebut Sopir Harus Pandai Main Gigi di Turunan Palasari, 8 Penumpang Bus Tewas

Kontur Jalan di Turunan Palasari, Kampung Nagrog RT 21/7, Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten

Kolase Tribun Jabar/capture video (ISTIMEWA)
Terungkap detik-detik kecelakaan maut di Ciater, Subang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUBANG - Kontur Jalan di Turunan Palasari, Kampung Nagrog RT 21/7, Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang disebut berpengaruh terhadap kecelakaan Bus PO Purnama Sari E 7508 W yang menyebabkan 8 penumpang meninggal dunia.

Pantauan Tribun Jabar, Minggu (19/1/2020), kontur jalan Turunan Palasari memang berkelok dengan kondisi mulus, tetapi jalannya naik turun dan tidak terlalu lebar.

Dirgakum Korlantas Polri, Brigjen Pol Kushariyanto mengatakan, melihat kontur jalan yang karakteristiknya naik turun, seharusnya sopir bus tersebut harus lebih cermat saat mengemudikan mobilnya.

"Kontur jalan sangat berpengaruh (pada kecelakaan), sopir harus bisa antisipasi. Harus cermat pada permainan gigi, seperti pas diturunan dan ditanjakan menggunakan gigi berapa. Intinya harus piawai dalam hal itu," ujarnya saat ditemui di lokasi kejadian.

Selain itu, kata dia, seharusnya sopir bus juga lebih memperhatikan marka jalan di lokasi yang kejadian. Marak jalan Turunan Palasari yakni marka tidak terputus.

"Kalau marka tidak terputus artinya tidak boleh saling menyalip karena pasti ada kepadatan kendaraan," katanya.

Ini Rahasia Sukses Pelatih Selangor FA Sikat Persib Bandung 3-0

Ia mengatakan, Bus PO Purnama Sari saat kejadian penumpangnya penuh, kemudian oleng saat berada di bahu jalan yang tidak rata hingga akhirnya terguling.

"Kondisi jalan berkelok, bus dalam kecepatan tinggi dan penumpang penuh. Di dalamnya tertuang 59 kursi penuh hingga akhirnya oleng pas berada di bahu jalan yang beda ketinggian dan miring, itu menjadi pemicu (kecelakaan)," katanya.

Evakuasi bus yang kecelakaan di Ciater Subang.
Evakuasi bus yang kecelakaan di Ciater Subang. (ISTIMEWA)

Kronologi Kecelakaan Maut Bus PO Purnama Sari

Sebuah bus pariwisata bernomor polisi E 7508 W mengalami kecelakaan di jalan Kampung Nagrog, Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Sabtu (18/1/2020) sore.

Halaman
1234
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved