Polisi Masih Dalami Kelompok Sunda Empire, Ormas atau Bukan?

Dikatakan Erlangga, penyelidikan soal Sunda Empire-Earth Empire dilakukan oleh personel Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar.

Polisi Masih Dalami Kelompok Sunda Empire, Ormas atau Bukan?
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga memberi keterangan kepada wartawan di sekitar makam Lina, Jalan Sekelimus I, Kota Bandung, Kamis (9/1/2020) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Polisi melakukan penyelidikan terkait keberadaan kelompok Sunda Empire-Earth Empire yang diduga masih berafiliasi dengan Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah.

Kabid Himas Polda Jawa Barat, Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso, mengatakan pihaknya masih mendalami apakah kelompok Sunda Empire-Earth Empire ini masuk kelompok organisasi kemasyarakatan atau bukan.

"Kami hanya sedang melakukan pendalaman, lagi mendalami komunitas itu. Kami kan belum tahu apakah itu ormas atau apa, makanya kami masih pelajari, masih pendalaman dengan melakukan penyelidikan," ujar Saptono Erlangga Waskitoroso saat dihubungi, Sabtu (18/1/2020).

Dikatakan Erlangga, penyelidikan dilakukan oleh personel Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar.

Saat ini, ia belum dapat memberikan penjelasan secara rinci terkait kelompok itu.

"Masih kami dalami, kami lidik, kalaupun sudah ada kerangkanya sudah dapat, tentu akan kami sampaikan," katanya.

Jejak Sunda Empire di Bandung, Berkegiatan di UPI dan Asia Afrika, Berkoar Soal Daftar Ulang Negara

Ridwan Kamil Sebut Sunda Empire Indikator Banyak Orang Stres, Nama UPI Terseret Keraton Abal-abal

Sebelumnya, jagat maya kembali dihebohkan dengan kemunculan Sunda Empire-Earth Empire, yang diduga masih berafiliasi dengan kelompok Keraton Agung Sejagat di Purworejo.

Totok Santoso Hadiningrat, yang mengklaim dirinya sebagai raja di Kerajaan Agung Sejagat diduga terlibat dalam Sunda Empire.

Kelompok ini mucul di media sosial tak lama setelah Keraton Agung Sejagat diamankan. Foto-foto kegiatan Sunda Empire pertama kali muncul di akun Facebook milik Renny Khairani Miller, yang diduga salah satu anggota Sunda Empire.

Dalam unggahannya, Reny tampak mengenakan seragam layaknya angkatan militer lengkap dengan baret berwarna biru di kepala.

Tak sendiri, ia bersama ratusan orang tampak mengenakan seragam yang sama dan mengikuti sebuah kegiatan. Pada foto yang diunggah pada 9 Juli 2019 itu, terlihat spanduk bertuliskan Sunda Empire-Earth Empire.

Klaim Sunda Empire dan Kerajaan Agung Sejagat juga hampir sama, yakni menyebut bila pemerintahan dunia akan segera berakhir.

Sunda Empire memprediksi pemerintahan dunia akan berakhir pada 15 Agustus 2020.  Setelah itu, kehidupan masyarakat dunia akan menjadi lebih baik dan sejahtera.

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved