Bandung Sempat Cerah Beberapa Hari Terakhir, Oded Imbau Warga Waspada Puncak Musim Hujan

Memasuki puncak musim penghujan, warga Kota Bandung diminta untuk waspada dengan ancaman bencana alam.

Bandung Sempat Cerah Beberapa Hari Terakhir, Oded Imbau Warga Waspada Puncak Musim Hujan
jogja.tribunnews.com
Ilustrasi hujan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Memasuki puncak musim penghujan, warga Kota Bandung diminta untuk waspada dengan ancaman bencana alam.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial, mengatakan bahwa masyarakat jangan sampai terlena dengan cuaca cerah yang terjadi belakangan ini.

Dikatakan Oded, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), saat ini sudah memasuki masa berakhirnya Badai Claudia, yang berdampak pada cuaca cerah di Kota Bandung.

Setelah badai Claudia berakhir, wilayah Bandung Raya kemungkinan bakal lebih sering diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi, sehingga berpotensi terjadi banjir.

"Ya, apalagi sudah ada yang me-warning dari lembaga yang kompeten (BMKG) yang menyampaikan informasi kepada kita, tentu itu juga harus ditanggapi secara positif dengan cara kita lebih meningkatkan lagi (kesiapsiagaan)," ujar Wali Kota Bandung, Oded M Danial, saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (17/1/2020).

Komplotan Pencuri HP di Cirebon Beraksi Gunakan Senjata Tajam, Mengaku Tak Pernah Lukai Korban

Waspada, Akhir Pekan Ini Jabar Diprediksi Hujan Lebat Disertai Petir

Menurut Oded, bencana yang dapat menimpa Kota Bandung salah satunya adalah banjir.

Ia pun kini menyiagakan beberapa instansi untuk bersiap jika terjadi bencana di Kota Bandung.

Dikatakan Oded, pihaknya akan segera turun ke lapangan untuk mengawasi beberapa daerah yang berpotensi besar terjadi bencana.

"Kami akan turun ke lapangan di kewilayahan untuk melihat kalau sungai seperti apa sungainya. Kalau kotor, kami bersihkan," katanya.

Oded juga meminta masyarakat untuk memelihara lingkungan sekitar dan kembali menghidupkan kerja bakti disetiap wilayahnya agar mencegah terjadi bencana seperti banjir.

"Ya, kita sudah ada mapag hujan kan, sekarang Insya Allah kita harus memberikan instruksi kepada masyarakat melalui kewilayahan harus bersama-sama siap siaga juga. Hujan yang dulu kita minta, kalau datang juga khawatir ada masalah, maka kita juga harus siap siaga," ucapnya.

Ditemui di tempat yang sama, Kapolrestabes Bandung, Kombes Irman Sugema, menambahkan pihaknya sudah menyiapkan personel guna mengantisipasi bencana yang bisa terjadi di Bandung.

Personel akan disiapkan guna membantu dan proses evakuasi.

"Tentu kami akan menyesuaikan (jumlah personel) secara kondisional dan situasional terjadinya bencana yang ada di Kota Bandung. Polrestabes Bandung dibekup oleh Polda Jabar dan Brimob serta instansi lainnya untuk penanggulangan bencana," ujar Irman.

Menang Dramatis, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan Melaju ke Semifinal Indonesia Masters 2020

Kronologi Avriella Ditangkap di Hari yang Sama dengan Vanessa Angel Pada 2019, Sempat Ada Firasat

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved