Waspada, Akhir Pekan Ini Jabar Diprediksi Hujan Lebat Disertai Petir

Menurutnya, kondisi itu masih wajar. Badai tersebut, kata dia, yakni badai tropis Claudia dan badai tropis Blake di Australia.

Waspada, Akhir Pekan Ini Jabar Diprediksi Hujan Lebat Disertai Petir
TRIBUN JABAR
Hujan lebat disertai suara gemuruh dan petir mengguyur wilayah Kota Tasikmalaya, Kamis (10/1/2019) sore. 

TRIBUNJABAR.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin dan petir di sejumlah wilayah di Jabar pada akhir pekan ini, Sabtu (18/1) dan Minggu (19/1).

Berdasarkan data yang diperoleh dari website resmi BMKG, hujan sedang hingga lebat disertai angin dan petir berpotensi terjadi di Bandung, Purwakarta, Subang, Tasikmalaya, Garut, Ciamis, dan Banjar, pada sore hingga malam hari.

Peringatan dini untuk waspada hujan sedang hingga lebat disertai angin dan petir pun dikeluarkan untuk wilayah Bogor, Bekasi, Depok, Cianjur, dan Sukabumi pada siang hingga sore hari, Minggu (19/1).

Cuaca Kota Bandung sejak akhir pekan lalu cerah berawan sekalipun di tengah musim hujan.

Namun, Kepala Stasiun Geofisika Bandung BMKG Tony Agus Wijaya mengatakan kondisi cuaca cerah di Kota Bandung selama beberapa hari terakhir karena pengaruh badai tropis di selatan Nusa Tenggara Timur atau di dekat Australia.

"Kondisi itu mempengaruhi pola angin di wilayah Jabar. Membuat awan hujan berkurang sehingga di wilayah Bandung Raya dan Jabar bagian selatan curah hujannya berkurang. Tapi di pantura Jabar seperti Cirebon, Kunngan dan Majalengka masih terjadi hujan," ujar Tony di Mapolrestabes Bandung, Selasa (14/1/2020).

Menurutnya, kondisi itu masih wajar. Badai tersebut, kata dia, yakni badai tropis Claudia dan badai tropis Blake di Australia.

"Kondisi itu membuat curah hujan di Bandung jadi berkurang," katanya.

Meski begitu, bukan berarti kondisi itu akan berlangsung lama. Ia mengimbau warga untuk tidak terlena dengan cuaca cerah selama beberapa hari terakhir.

"Ini hanya sesaat, kalau badainya sudah normal, kembali musim hujan. Apalagi Januari sampai Februari ini puncak musim hujan," katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved