Anjing Liar Masuk Pemukiman di KBB Hingga Memangsa Ternak, Warga Diminta Waspada

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bandung Barat (KBB) meminta masyarakat agar mewaspadai

Anjing Liar Masuk Pemukiman di KBB Hingga Memangsa Ternak, Warga Diminta Waspada
istimewa
Kondisi kambing milik warga yang dimangsa ajag di Desa Bunijaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bandung Barat (KBB) meminta masyarakat agar mewaspadai serangan anjing liar yang belakangan ini masuk ke pemukiman warga.

Terakhir, lima ekor anjing liar masuk ke pemukiman warga di Kecamatan Gununghalu dan Kecamatan Rongga dan memangsa hewan ternak dengan cara dicabik-cabik hingga tewas karena tubuhnya mengalami luka parah.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Perikanan dan Peternakan, KBB, Wiwin Aprianti mengatakan, pihaknya telah mendapat laporan terkait adanya anjing liar yang memangsa hewan ternak tersebut.

"Jadi masyarakat harus waspada dan lapor ke petugas jika ada anjing liar, karena tidak menutup kemungkinan bisa membawa penyakit dan berpotensi menyebarkan penyakit rabies kepada manusia," ujarnya di Kantor Pemkab Bandung Barat, Jumat (17/1/2020).

SLB Gelora Karya Majalengka Diusir RS Cideres, Pengurus SLB Kaget dan Bingung Mau Pindah Kemana

Menurutnya, anjing liar memang bisa masuk ke permukiman warga secara berkelompok untuk mencari makanan, sehingga hal itu juga bisa berpotensi menularkan rabies.

"Makanya warga juga harus bisa menjaga lingkungan yang bersih dengan tidak meninggalkan sampah sebagai sumber makanan anjing liar," katanya.

Ia mengatakan, untuk mengontrol poplulasi anjing liar, bisa dilakukan dengan cara kastrasi bagi anjing jantan dan ovariohisterektomi bagi anjing betina.

Ibunya Meninggal di Taiwan, Naya Banyak Terdiam, Sekarang Sudah Tidak Punya Orangtua Kandung

Dinas Perikanan dan Peternakan KBB, kata dia, sudah menyediakan layanan itu secara gratis, sehingga warga yang memiliki anjing ataupun kucing bisa langsung datang ke Puskeswan KBB.

"Di Puskeswan KBB, warga bisa mendapatkan layanan terhadap hewan peliharaannya. Atau warga juga bisa menghubungi call center puskeswan di nomor 0811200762, sehingga petugas bisa on the spot datang ke warga," kata Wiwin.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved