Ada Dugaan Korupsi Dana Hibah & Bansos di KBB, Aa Umbara Siap Berikan Dokumen yang Diminta Polda

Ada dugaan korupsi dana hibah dan bansos di KBB, Aa Umbara siap berikan dokumen yang diminta Polda Jabar.

Ada Dugaan Korupsi Dana Hibah & Bansos di KBB, Aa Umbara Siap Berikan Dokumen yang Diminta Polda
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara saat ditemui di Lembang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menegaskan siap memberikan semua fotokopi dokumen terkait kegiatan hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2019.

Hal tersebut setelah adanya surat permintaan dokumen dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jabar menyusul adanya dugaan kasus tindak pidana korupsi terkait kegiatan hibah dan bantuan sosial di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Untuk mendalami dugaan kasus ini, polisi meminta Aa Umbara untuk memberikan fotokopi dokumen peraturan bupati tentang penjabaran APBD TA 2019, keputusan bupati tentang penetapan penerima hibah dan bantuan sosial TA 2019, dan dokumen perencanaan terkait penganggaran hibah dan bantuan sosial.

Surat permintaan dokumen dengan nomor B/14/Subdit III/1/2020/Dit Reskrimsus itu sudah ditandatangani Direskrimsus Polda Jabar, Kombes Pol Iksantyo Bagus Pramono yang ditujukan ke Bupati Bandung Barat Aa Umbara pada 6 Januari 2020.

"Jadi begini yang dimintanya (dokumen) anggaran hibah yang mana, secara teknis itu, kan, Bappeda dan BPKAD. Saya enggak akan menghalang-halangi yang kayak gitu (penyerahan dokumen)," ujar Aa Umbara saat ditemui di Lembang, Selasa (14/1/2020).

Ia mengatakan, pihaknya sendiri memang sudah menerima surat permintaan dokumen dari Polda Jabar tersebut.

Menurutnya, semua permintaan apa pun dari instansi yang lain pasti ditujukan ke bupati.

"Kalau begitu, ya, monggo, tapi secara teknis, ya, di dinas masing-masing. Kami sudah rapatkan itu. Jadi istilahnya monggo lah, itu biasa jangan dipolitisasi," kata Aa Umbara.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Saptono Erlangga, mengatakan saat ini pihaknya tengah mendalami adanya dugaan kasus tindak pidana terkait kegiatan hibah dan bantuan sosial tersebut.

"Baru mendalami dan menelaah pengaduan masyarakat terkait kegiatan hibah dan bantuan sosial (di Kabupaten Bandung Barat)," ujarnya saat dikonfirmasi Tribun Jabar melalui pesan singkat, Senin (13/1/2020).

Saat ini, semua pengaduan dari masyarakat terkait dugaan kasus tindak pidana korupsi ini tengah dilakukan penelaahan oleh Unit I Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Jabar.

Polda Jabar Dalami Dugaan Kasus Korupsi Dana Hibah Pemkab Bandung Barat, Aa Umbara Diminta Dokumen

Pemkab Bandung Berikan Dana Hibah Rp 150 Miliar Lebih Untuk Mendukung Kelancaran Pilkada 2020

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved