Pembangunan Tol Cisumdawu dan Tender Tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap Dipercepat Tahun Ini

Pembangunan Tol Cisumdawu dan tender Tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap dipercepat tahun ini.

Pembangunan Tol Cisumdawu dan Tender Tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap Dipercepat Tahun Ini
tribunjabar/hakim baihaqi
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau Tol Cisumdawu beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pengerjaan pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dan proses tender Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan mengalami percepatan pada tahun ini.

Cisumdawu diproyeksikan rampung seluruhnya pada 2021, sedangkan akhir tahun ini Tol Gedebage-Bandung-Cilacap diupayakan langsung pada tahapan peletakan batu pertama.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Mochamad Basuki Hadimuljono, mengatakan, percepatan proses pembangunan dua tol tersebut sudah dipetakan kementeriannya sehingga realisasinya bisa lebih cepat.

"Kami sudah petakan ini, akan kami coba akhir tahun ini. Karena itu (Cisumdawu) kan hanya karena pembebasan lahan saja masalahnya," kata Basuki saat ditemui di ITB, Senin (13/1/2020).

Basuki mengatakan penggunaan Tol Cisumdawu ini mendesak karena pada 2020 akan dimulai penerbangan haji dari Bandara Kertajati.

Dengan demikian, akses dari Bandung dan Priangan Timur ke bandara harus mendapat prioritas.

"Tapi nanti kalau belum bisa (semua Tol Cisumdawu dioperasikan) tahun ini, akan ada alternatif. Tinggal berapa kilometer dari paket berapa (dari bagian Tol Cisumdawu yang sudah rampung), ini kami coba keluar. Di jalan kabupaten ini dilebarkan dulu sebagai alternatif," ucapnya.

Jalan alternatif berupa pelebaran jalan kabupaten atau provinsi ini yang menyambung dari sebagian Tol Cisundawu menuju Bandara Kertajati ini, katanya, akan digunakan sebelum Tol Cisumdawu selesai dan dapat difungsikan seluruhnya dan menyambung dengan Tol Cikopo-Palimanan serta Kertajati.

"Alternatif dipakai sampai selesainya. Tapi tahun depan selesai ini kami ingin cepat, kalau tahun depan pasti selesai (Cisumdawu)," ujar Basuki.

Mengenai Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, katanya, pihaknya akan melakukan percepatan proses tender. Jika harus ada prakualifikasi dulu, baru ada masukan tender, sesuai yang dijadwalkan, katanya, proses ini akan lama.

"Makanya saya sudah minta ke Menko Maritim, ini tidak usah prakualifikasi, langsung saja sekaligus. Ini akan dicoba prakualifikasi sambil memasukkan penawaran. Supaya tidak melanggar Perpres, prakualifikasi dulu dibuka, yang lolos dibuka. Kalau tidak, ya, tidak dibuka," katanya.

Ini Rekayasa Arus Lalu Lintas di Simpang Cileunyii Mulai Jumat, Ada Proyek Interchange Tol Cisumdawu

Babak Baru Pembangunan Tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap, Tahun Ini Masuk Proses Tender

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved