Prihatin Banjir, Polres Cimahi Gelar Aksi Tanam Pohon di Lembang KBB

Bencana banjir yang telah melanda sejumlah daerah di Indonesia telah mendapat perhatian khusus dari aparat kepolisian, termasuk anggota Polres Cimahi.

Prihatin Banjir, Polres Cimahi Gelar Aksi Tanam Pohon di Lembang KBB
ISTIMEWA
Anggota Polres Cimahi saat melakukan penanaman pohon di di kawasan Geger Bentang Gunung Putri, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, KBB 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Bencana banjir yang telah melanda sejumlah daerah di Indonesia telah mendapat perhatian khusus dari aparat kepolisian, termasuk anggota Polres Cimahi.

Selain menerjang daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB), banjir juga menerjang daerah Bekasi, Jakarta, Lebak Banten, Bogor dan sejumlah wilayah lainnya.

Untuk antisipasi besarnya potensi bencana banjir tersebut, Kapolri Jenderal Idham Azis, mengintruksikan jajaran kepolisian di seluruh Indonesia untuk melaksanakan aksi penanaman pohon secara serentak di seluruh Indonesia.

Pada Jumat (10/1/2020), anggota Polres Cimahi melaksanakan instruksi dari Kapolri dengan menanaman pohon di kawasan Geger Bentang Gunung Putri, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, KBB.

"Ini adalah salah satu program Kapolri dan hari ini dilakukan penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia," ujar Wakapolres Cimahi, Kompol Widi Setiawan usai kegiatan penanaman pohon.

Posting Tagih Utang Rp 70 Juta ke Ibu Kombes di Insta Story, Wanita Ini Disidang PN Medan

Menurutnya, setelah bencana banjir menerjang berbagai daerah, harus menjadi bahan introspeksi diri serta menumbuhkan kesadaran untuk bersama-sama memperbaiki kondisi alam.

Salah satunya, kata dia, yakni dengan melakukan penanaman pohon untuk meminimalisasi bencana sekaligus memulihkan kawasan resapan air, bukan saling tuduh ataupun saling menyalahkan dengan adanya bencana banjir.

"Kita introspeksi diri, kita perbaiki alam dengan penanaman pohon. Di sini tiga ribu pohon yang ditanam di lahan seluas 5 hektare," kata Widi.

Ia mengatakan, pohon yang ditanam kali ini yang berbagai macam pohon terutama pohon tanaman keras seperti pohon damar dan juga pohon buah seperti alpukat, nangka, kopi, dan lain-lain.

"Penanaman pohon tersebut tidak hanya dilakukan di Kawasan Geger Bentang, tetapi setiap Polsek di wilayah hukum Polres Cimahi juga harus berpartisipasi melakukan penanaman pohon," ucapnya.

VIRAL Aksi Driver Ojol Ini Curi Hp Milik Driver Ojol Lain yang Tidur, Terekam CCTV di Bandung

Foto-foto Penampakan Gerhana Bulan Penumbra Dini Hari Tadi, Terlihat Kasat Mata Cahaya Bulan Menurun

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved