Pemkab Garut Siapkan Rp 30 Miliar untuk Menangani Bencana

Anggaran sebesar Rp 30 miliar disiapkan Pemkab Garut untuk penanganan bencana.

Pemkab Garut Siapkan Rp 30 Miliar untuk Menangani Bencana
Tribun Jabar/Firman Wijaksana
Bupati Garut Rudy Gunawan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Anggaran sebesar Rp 30 miliar disiapkan Pemkab Garut untuk penanganan bencana. Pada awal tahun, enam kecamatan di Garut mulai dilanda bencana longsor.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan, biaya tak terduga (BTT) tersebut bisa digunakan sesegera mungkin untuk penanganan bencana. Rudy menyebut telah menerima peringatan dari gubernur terkait cuaca ekstrim.

"BMKG juga sudah mengeluarkan peringatan hujan di bulan Februari dan Maret. Kami juga tingkatkan kewaspadaan," ujar Rudy usai menghadiri acara wisuda 132 hafidz Alquran di Pesantren Darussalam, Kecamatan Kersamanah, Sabtu (11/1/2020).

Dana BTT tersebut, diklaim Rudy jadi yang terbesar dibanding daerah lain. Pihaknya juga sudah melakukan pengiriman logistik ke wilayah yang terkena bencana.

Pernah Banjir Parah, KPBD Kota Cirebon Pantau Jalan Cipto Mangunkusumo

"Pak Sekda kemarin sudah bawa logistik ke Banjarwangi. Nanti Forkopimcam (forum komunikasi pimpinan kecamatan) yang akan melakukan penanganan," katanya.

Hingga Jumat (10/1/2020), enam kecamatan di Garut dilanda bencana. Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut, Tubagus Agus Sofyan, menyebut enam kecamatan yang terancam yakni Kecamatan Banjarwangi, Pamulihan, Bungbulang, Cikajang, Cihurip, Singajaya dan Mekarmukti.

Tahura Gunung Palasari Dulu Angker, Kini Sudah Berubah, Diburu Wisatawan

Di Cikajang, longsor menimpa dua rumah warga di Kampung Cihideung, Desa Cipangramatan. Pemilik rumah selamat dan telah diungsikan. Sedangkan di Kecamatan Cihurip, longsor terjadi di Kampung Cimanglid, Desa Mekarwangi dan mengancam tiga rumah warga.

"Di Kecamatan Mekarmukti ada retakan tanah yang mengancam tiga rumah warga. Paling banyak ada di Banjarwangi ada 16 rumah di tiga desa yang terancam longsor," ucapnya.

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved