Warga Rongga KBB Siap Buru Anjing Hutan yang Kerap Memangsa Kambing

Pihak Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah menentukan langkah untuk menangkal

Warga Rongga KBB Siap Buru Anjing Hutan yang Kerap Memangsa Kambing
istimewa
Kondisi kambing milik warga yang dimangsa ajag di Desa Bunijaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, RONGGA - Pihak Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah menentukan langkah untuk menangkal serangan anjing hutan atau ajag agar tidak kembali memangsa kambing milik warga setempat.

Pasalnya, belakangan ini ajag tersebut kerap muncul seperti di Kampung Pasir Huni, Cihurang, Cadas, Legokbolang, dan Warungkupa dengan memangsa kambing saat lengah dengan cara menggerogoti sebagian tubuhnya, sehingga kambing itu kerap ditemukan tewas dalam kondisi tubuh luka-luka.

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Rongga, Lili Sarifudin, mengatakan pihaknya bersama perangkat desa dan warga setempat sudah sepakat untuk memburu anjing tersebut.

"Kemarin kami sudah koordinasi dengan Dinas Peternakan KBB, apakah anjing itu akan diracun atau bagaimana, intinya akan diburu, kemudian dimusnahkan," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (10/1/2020).

Deretan Makanan yang Diyakini Bisa Membuat Tidur Semakin Nyenyak

Pihak kecamatan, kata Lili, sudah melakukan pengecekan ke lokasi, yakni ke Kampung Pasir Huni Desa Cibedug, Kecamatan Rongga untuk mencari keterangan dari warga yang kambingnya pernah dimangsa ajag tersebut.

Lili mengatakan, berdasarkan keterangan dari warga, ajag tersebut kerap muncul dengan jumlah sebanyak 5 ekor, di antaranya 3 ekor berwarna hitam, 2 ekor anjing berwarna putih dan kuning.

"Berdasarkan keterangan warga memang anjing liar itu sering masuk kandang kambing dan memangsanya hingga mati," katanya.

Sebelumnya, warga setempat Ale Sulaeman mengaku, saat itu dia merasa kaget saat melihat satu ekor ternak domba miliknya ditemukan tewas di kandangnya dalam kondisi yang sangat mengenaskan.

Maksud Hati Hendak Nge-prank, Driver Ojol Ini Akhirnya Harus Berurusan dengan Polisi

"Terlihat makhluk itu menggigit dan menyeret ternak saya keluar dari kandangnya, hampir semua ternak di kampung saya dimangsa," ujarnya.

Setelah dicabik-cabik, terdapat luka bekas cakaran dan cabikan di perut domba tersebut, bahkan organ tubuh dalam domba itu juga terlihat setelah kulitnya dicakar.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved