Viral di WhatsApp 'Dua Laki-laki Penipu Mencari Dana, Sudah Banyak Korban,' Kapolsek Cimahi: Hoaks!

Viral pesan berantai di media sosial WahatsApp (WA) soal ada dua pemuda dengan lambang Pancasila, disebut penipu, mencari dana, catut nama Kapolsek.

Viral di WhatsApp 'Dua Laki-laki Penipu Mencari Dana, Sudah Banyak Korban,' Kapolsek Cimahi: Hoaks!
Tribun Jabar
ILUSTRASI - Hoaks isu dua laki-laki menipu masyarakat mengatasnamakan dari tim pencari dana atau peduli bencana. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Viral pesan berantai di media sosial WahatsApp (WA) soal ada dua pemuda dengan lambang Pancasila yang keliling ke sejumlah tempat, termasuk Kota Cimahi sedang mencari bantuan.

Dua orang itu, dalam pesan berantai di media sosial WahatsApp (WA), mengaku mencari bantuan dana atau peduli terhadap korban bencana yang terjadi di wilayah Kota Cimahi.

Pesan di WA tersebut isinya seperti ini

"Diberitahukan kpd warga Kota Bandung, cimahi dan KBB kalau ada yg datang kerumah..... pakai baju lambang pancasila laki-laki 2 orang bahkan lebih dan kemungkinan dibagi bagi ke daerah lain dengan mengatas namakan bantuan /peduli pulau sebuku ato bencana atau yg lainnya jangan bukain pintu dan sgr lapor ke petugas Security atau Ketua RT dan atau yang lainya, mereka Penipu, karna sudah ada yg dihipnotis... Skrg lagi keliling ( Info dari jajaran Kepolisian, mohon bisa di share kpd yg lain agar bisa diantisipasi bersama2 ). Info A1 dari Kaposek Cimahi Tengah, yang sudah banyak warga melaporkan kejadian tersebut, Terimakasih".

Disebutkan pula, informasi tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Cimahi Tengah. Embel-embel lainnya, disebutkan sudah banyak warga yang menjadi korban.

Ternyata Ini Penyebab Ezechiel Ndouasel Ngotot Tinggalkan Persib Bandung

Apakah informasi tersebut benar atau hoaks?

Saat Tribun Jabar mengkonfirmasi kepada Kapolsek Cimahi, AKP Saidina, dia mengatakan berita tersebut tidak benar alias hoaks (hoax).

Viral pesan berantai di media sosial WahatsApp (WA) soal ada dua pemuda dengan lambang Pancasila yang keliling ke sejumlah tempat, termasuk Kota Cimahi sedang mencari bantuan.
Viral pesan berantai di media sosial WahatsApp (WA) soal ada dua pemuda dengan lambang Pancasila yang keliling ke sejumlah tempat, termasuk Kota Cimahi sedang mencari bantuan. (Istimewa)

"Itu enggak ada, hoaks, engga ada sama sekali. Dulu pernah ada tapi setelah kami cek enggak ada, bohong itu," ungkap Saidina kepada Tribun Jabar, Rabu (8/1/2020).

KPK Kembali Gelar Operasi Tangkap Tangan, Kali Ini di KPU Pusat

Terkait informasi tersebut yang menyebut Kapolsek Cimahi, AKP Saidina mengatakan dirinya tak pernah mengeluarkan informasi itu.

"Enggak ada itu dari pihak kami memberikan informasi seperti itu, terus ada laporan itu enggak ada juga, hoaks itu," jelasnya.

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved