Tanggul Sungai Cihaurgeulis Jebol, Bupati KBB Aa Umbara Pastikan Bangun Tanggul yang Lebih Kuat

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, memastikan tanggul Sungai Cihaurgeulis yang beberapa waktu lalu jebol akibat banjir bandang, akan kembali dib

Tanggul Sungai Cihaurgeulis Jebol, Bupati KBB Aa Umbara Pastikan Bangun Tanggul yang Lebih Kuat
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, PADALARANG - Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, memastikan tanggul Sungai Cihaurgeulis yang beberapa waktu lalu jebol akibat banjir bandang, akan kembali dibangun dan diperkuat.

Menurutnya, hal tersebut sebagai bentuk antisipasi agar kejadian yang sama tidak terulang karena banjir bandang telah merugikan masyarakat Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Saat ini kami fokus bagaimana tanggul ini diperkuat, tidak seperti yang kemarin. Jadi pengerjaannya, kualitasnya dan segala macamnya harus lebih dari kemarin," ujarnya saat ditemui di Kampung Pajagalan, Selasa (7/1/2020).

Iran Tembakkan Belasan Rudal ke 3 Pangkalan Amerika Serikat di Irak

Ia mengatakan, jika nantinya pembuatan tanggul sudah selesai dan hujan deras kembali turun, banjir bandang tidak akan terjadi lagi karena tanggulnya sudah kuat.

"Tapi catatan juga bagi yang punya rumah (dekat tanggul) jangan sampai sungainya menyempit seperti yang saat ini asalnya 13 meter jadi 4 meter," katanya.

Menurutnya, ketika sungai mengalami penyempitan dan turun hujan deras, debit air di sungai akan tinggi

Kondisi tersebut menyebabkan banjir lagi.

"Ini perlu adanya kepedulian masyarakat, terus jangan membuang sampah sembarangan, kalau sepeeti itu akibatnya akan banjir juga," ucap Aa Umbara.

Ia mengatakan, perbaikan semua tanggul yang jebol di Perumahan Cimareme Indah dan Kampung Pajagalan ditargetkan bisa selesai dalam waktu 1 bulan.

Untuk anggaran pembuatan tanggul, kata Aa Umbara, bisa berasal dari bantuan donatur, masyarakat, ataupun pihak lainnya, bahkan dari Gubernur Jabar sudah ada bantuan Rp 1 miliar.

Dampak Banjir Bandang di KBB, Warga Perumahan Cimareme Indah Terserang Sejumlah Penyakit

Hanya Dibuatkan Tanggul Darurat, Warga Perumahan Cimareme Indah Khawatir Banjir Bandang Terjadi Lagi

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved