Komunitas Tjimahi Heritage Meminta Pemkot Segera Jadikan Hotel Tjimahi Bangunan Cagar Budaya

#SaveHotelTjimahi, Komunitas Tjimahi Heritage meminta Pemkot Cimahi segera menjadi Hotel Tjimahi bangunan cagar budaya.

Komunitas Tjimahi Heritage Meminta Pemkot Segera Jadikan Hotel Tjimahi Bangunan Cagar Budaya
Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Penggiat pecinta sejarah dan bangunan tua di Kota Cimahi yang tergabung dalam Komunitas Tjimahi Heritage bersiap-siap untuk menjelajah Hotel Tjimahi pada Minggu (1/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Hotel Tjimahi yang berdiri sejak tahun 1927 dan kaya nilai sejarah kini terancam dijual.

Hal tersebut disayangkan oleh Komunitas Tjimahi Heritage sebagai penggiat pemerhati bangunan tua di Kota Cimahi.

Ketua Komunitas Tjimahi Heritage, Machmud Mubarok mengungkapkan keprihatinan atas rencana pemilik sekaligus pengelola Hotel Tjimahi untuk menjual hotel tersebut.

Ia mengatakan hotel tersebut memiliki nilai sejarah sekaligus menjadi saksi bisu perkembangan Kota Cimahi.

"Jadi ini dilema. Di satu sisi bangunan yang tergolong heritage secara usia memiliki nilai dan cerita yang cukup panjang serta sejarah perkembangan Kota Cimahi juga, punyai nilai penting juga dan ada tokoh-tokoh yang pernah tinggal di situ," ujar Mac sapaan akrabnya, kepada Tribun Jabar saat dikonfirmasi, Senin (6/1/2020).

Mac mengatakan di sisi lain, Hotel Tjimahi ini merupakan milik pribadi yang dikelola secara turun temurun, yang kini dikelola oleh Theresia Gerungan Soetamanggala.

Ia pun tak tahu persis permasalahan Hotel Tjimahi tersebut alasan untuk dijual, tapi pihaknya menyarankan pihak pengelola untuk berkolaborasi dengan berbagai intansi seperti komunitas dan pihak pemerintah setempat untuk mengembangkan hotel tua satu-satunya di Kota Cimahi itu.

"Mungkin mencoba mengubah untuk menyelamatkan Hotel Tjimahi dengan gaya manajemen diubah dengan gaya sekarang seperti promosinya lewat IG dan media sosial lainnya, ada kolaborasi dengan komunitas untuk kelihatan bahwa ini, lho, Hotel Tjimahi masih ada," ucapnya.

Mac mendorong Pemerintah Kota Cimahi untuk segera mempercepat membuat Perda Bangunan Cagar Budaya di Kota Cimahi, agar bangunan tua di Kota Cimahi bisa terjaga, salah satunya Hotel Tjimahi.

"Harus disampaikan ke Pemkot Cimahi, kita dorong sama-sama agar Hotel Tjimahi ini jadi bagian cagar budaya dan nanti bakal diverifikasi cagar budaya dan direkomendasikan ke Pemkot Cimahi dan wali kota," ujarnya.

"Meskipun nanti tidak ada langsung membantu secara operasional, tapi nanti bisa membantu lebih sadar (aware) terhadap bangunan-bangunan tua di Kota Cimahi untuk dilestarikan dan dijaga," ucapnya.

Sudah Tahu Sosok Pejuang Cimahi Daeng Muhammad Ardiwinata? Visi Sinema Pro Cimahi Garap Filmnya

#SaveHotelTjimahi, Kesulitan Keuangan, Hotel Tjimahi yang Bersejarah Akan Dijual

Hotel Tjimahi, Jadi Tempat Masa Kecil Ani Yudhoyono & Doni Monardo, Ini Kamar yang Mereka Huni

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved