#SaveHotelTjimahi, Kesulitan Keuangan, Hotel Tjimahi yang Bersejarah Akan Dijual

Kini Hotel yang termasuk dalam bangunan Heritage tersebut terancam dijual oleh pemilik sekaligus pengelola hotel tersebut.

#SaveHotelTjimahi, Kesulitan Keuangan, Hotel Tjimahi yang Bersejarah Akan Dijual
Tribun Jabar/ Syarif Pulloh Anwari
#SaveHotelTjimahi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Hotel tua di Kota Cimahi bernama Hotel Tjimahi yang sudah berdiri sejak tahun 1927 syarat dengan nilai sejarah kini terancam dijual.

Hotel yang menyimpan banyak kenangan bagi para tokoh Indonesia yang sempat menempati hotel tersebut diantaranya, seperti Istri Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), masa kecilnya Doni Monardo, yang kini menjabat Kepala Basarnas, bahkan tokoh dalam sejarah, Westerling sempat tinggal disana.

Kini Hotel yang termasuk dalam bangunan Heritage tersebut terancam dijual oleh pemilik sekaligus pengelola hotel tersebut.

Lesunya hotel 10 tahun terakhir dan sepinya pengunjung membuat pengelola hotel harus memutar otaknya untuk mempertahankan hotel bersejarah tersebut.

"Iya betul (mau dijual), keadaan kami akhir-akhir ini lumayan berat, secara manajemen keuangan bayar PBB per tahun Rp 34 juta, kaya yang gitu kita sudah tak mampu," ungkap Theresia Gerungan Soetamanggala, pengelola Hotel Tjimahi saat dikonfirmasi Tribun Jabar, Senin (6/1/2020).

Thea, sapaan akrabnya, menjelaskan, pihaknya pun hingga kini belum pernah berdiskusi atau bertemu dengan pemerintah setempat terkait persoalan yang dialami Hotel Tjimahi ini.

Striker Muda Persib Bandung Ini Tak Masalah Jika Harus Dipinjamkan Lagi, Kontraknya Masih Panjang

Ia pun mengungkapkan soal hotel Tjimahi akan dijual, ia pun merasa berat untuk melepas hotel tersebut dijual kepada oranglain.

Misalkan jika Hotel Tjimahi akan dijual, ia pun meminta nantinya bangunan yang berada didepan hotel tidak dirobohkan, karena bangun itu syarat akan sejarahnya.

"Saya mah sebetulnya hati mah pengen kerjasama ada investor, enggak mau dijual, kalau saya waas nyaah ka hotel tjimahi, saya kan tahu sejarahnya dan lahir disitu, berat," jelasnya.

Musim Hujan, Pengrajin Keramik Plered Sebut Produksi Menurun Karena Ini

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved