Gerhana Matahari Cincin

Pengamatan Gerhana Matahari di SMA BPI 1, Kegiatan Positif di Masa Libur Sekolah

Para pelajar SMA BPI 1 juga mengadakan acara seminar pendek dan tausiyah bersama dengan Hima Astronomi ITB dan Badan Hisab

Pengamatan Gerhana Matahari di SMA BPI 1, Kegiatan Positif di Masa Libur Sekolah
Istimewa
Fenomena gerhana matahari cincin (GMC) yang terjadi pada Kamis, 26 Desember 2019, dimanfaatkan oleh pelajar di SMA BPI 1 untuk melakukan pengamatan dan shalat kusuf gerhana matahari secara langsung di Observatorium Winaya. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Fenomena gerhana matahari cincin (GMC) yang terjadi pada Kamis, 26 Desember 2019,  dimanfaatkan oleh pelajar di SMA BPI 1 untuk melakukan pengamatan dan shalat kusuf gerhana matahari secara langsung di Observatorium Winaya.

Bukan hanya melakukan pengamata mengenai fenomena yang terjadi 12 tahun sekali ini, para pelajar juga mengadakan acara seminar pendek dan tausiyah bersama dengan Hima Astronomi ITB dan Badan Hisab dan Rukyat Kota Bandung mengenai bagaimana gerhana bisa terjadi dilihat dari sigi ilmiah serta agama.

Acara yang dihadiri juga oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah VII Provinsi Jawa Barat, Dr. Endang Susilastuti,  sangat mengapresiasi acara tersebut yang mana bertepatan libur akhir semester ganjil, namun siswa di SMA BPI 1 sangat semangat mengisi liburannya dengan kegiatan positif seperti kegiatan pengamatan, shalat kusuf dan juga seminar mengenai gerhana. 

Begini Terjadinya Gerhana Matahari Cincin di Bandung, Lihat Foto-fotonya

Dia berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan di banyak sekolah bukan di SMA BPI 1 saja karena sangat penting untuk pembentukan karakter para generasi muda untuk pandai bersyukur dan mengagungkan ciptaan Tuhan terkait dengan fenomena gerhana yang terjadi.

Kepala Sekolah SMA BPI 1, Dra.Hj. Deti Sudiarti,  mengatakan juga bila kegiatan seperti ini sebetulnya bukanlah pertama kali diadakan namun sudah menjadi agenda rutin terkait dengan memang adanya kegiatan Astronomi di SMA BPI 1 yang terdukung dengan fasilitas Astronomi Observatorium lengkap layaknya Boscha.

Observatorium Bosscha dan Imah Noong Ajak Warga Amati Gerhana Matahari di Lapangan Sinapeul

Kedepannya bukan hanya oengamatan gerhana, namun juga penelitian dan pengamatan hisab akan banyak dipelajari bersama dengan Astronomi ITB,  Lapan,  dan juga BHR Kota Bandung.  (*)

Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved