Dukung Koperasi Digital, FUDiKI Deklarasikan FBE untuk Jalankan Sistem Ekonomi Kerakyatan

Sejak awal terbentuk pada 2017, Forum UKM Digital Kreatif Indonesia (FUDiKI) memiliki visi menjadikan ekonomi kerakyatan maju, moderen, dan berdaulat

Dukung Koperasi Digital, FUDiKI Deklarasikan FBE untuk Jalankan Sistem Ekonomi Kerakyatan
Istimewa
Ketua Umum FUDiKI, Tjahjo Ruruh Djatmiko ( kedua kiri) bersama unsur terkait dalam pembentukan FBE beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejak awal terbentuk pada 2017, Forum UKM Digital Kreatif Indonesia (FUDiKI) memiliki visi untuk menjadikan ekonomi kerakyatan maju, moderen, dan berdaulat.

Menurut Ketua Umum FUDiKI, Tjahjo Ruruh Djatmiko, hal tersebut dapat diwujudkan jika Badan Nasional Tata Kelola Usaha-Ekonomi Rakyat Milenial (BNTU-ERaNIAL) telah terbentuk.

Untuk itu, menjawab imbauan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki bahwa beberapa UKM diharapkan dapat membentuk sebuah korporasi, maka FUDiKI mewujudkannya dengan mendeklarasikan terbentuknya sebuah badan usaha milik rakyat (BUMR) yang diberinama FUDiKOP Business ERaNIAL (FBE).

"Soft launching FBE telah diselenggaranan di Joglo Mlati Yogyakarta pada 20 Desember yang dihadiri oleh Ketua Umum FUDiKI saya sendiri, Deputy Kelembagaan Kemenkop dan UKM Luhur Pradjito, VP Marketing JNE Ery Palgunadi, Perwakilan Dinaskoperasi DIY Agus Mulyono, Dinasperdagangan Asep Subagyo, Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Richard serta Bapak AP Utomo Joglo Mlati (Kompas group)," tutur Tjahjo melalui pesan instan, Rabu (25/12/2019).

Bagaimana Peta Bisnis Tahun 2020? Ini Prediksi yang Dipaparkan Sharing Vision

Segini Harga Buah di Bazar Durian dan Alpukat Rest Area KM 228 Tol Kanci - Pejagan, Momen Nataru

Dalam kesempatan itu, kata Rjahjo, AP Utomo dari Kompas Group memberikan kunci kesuksesan seorang pengusaha yaitu kejujuran.

Sementara Luhur Pradjito mengimbau bahwa para UKM diharapkan dapat membentuk sebuah koorporasi agar bisa menjadi kuat dan naik kelas.

'Pak Ery Palgunadi JNE memberikan kunci keberhasilan UKM yaitu produknya harus berkualitas, cara pemasaran yang tepat dan rubah mindset dari jiwa survival menjadi entrepreneur yang sesungguhnya," katanya.

Tjahjo Ruruh Djatmiko menjelaskan bahwa FUDiKI memiliki anggota 90 ribu pelaku Usaha Ekonomi Kerakyatan yang telah terregrister.

Saat ini anggota FUDiKI yang menjadi anggota FBE sudah sebanyak 250 anggota pelaku Ekonomi Kerakyatan.

Seluruh anggota yang telah terregrister menjadi bagian dari anggota FBE adalah pelaku ERaNIAL (Ekonomi Kerakyatan Milenial).

"FBE adalah sebuah BUMR yang menjalankan sistem ekonomi kerakyatan berbentuk digitalisasi koperasi dalam proses bisnisnya dan memiliki beberapa keunikan tersendiri, semacam New Koperasi Digital Milenial. Para anggotanya adalah para pelaku ERaNIAL yang terkait dalam proses ekosistim kegiatan ekonomi kerakyatan yaitu penjual kebutuhan produksi, pelaku usaha mikro, dan komunitas," ujar Tjahjo.

Melaui FBE, Tjahjo berharap bisa memberikan solusi bagi para pelaku usaha ERaNIAL agar lebih efektif , efisien dan dapat menghasilkan produk yang berkualitas untuk bisa diserap oleh pasar regional maupun global dan oleh industri terkait.

"Kami berharap agar FBE ini akan menjadi role model bagi terbentuknya BUMR-BUMR yang lain," harap Tjahjo.

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved