Pertanian Presisi Optimalisasi Potensi Agrikultur Desa Jawa Barat melalui “Desa Digital: Pertanian”

70% potensi ekonomi di Jawa Barat ada di bidang agrikultur. Dengan pemanfaatan teknologi,

Pertanian Presisi Optimalisasi Potensi Agrikultur Desa Jawa Barat melalui “Desa Digital: Pertanian”
Istimewa
Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan kegiatan peluncuran Desa Digital Pertanian . 

TRIBUNJABAR.ID - 70% potensi ekonomi di Jawa Barat ada di bidang agrikultur. Dengan pemanfaatan teknologi, peluang untuk mengoptimalisasi potensi tersebut dapat terbuka lebih lebar. Jawa Barat, dengan visi untuk menjadi Provinsi Digital yang inklusif, berupaya untuk mewujudkan revolusi pertanian 4.0 melalui peluncuran program “Desa Digital: Pertanian” pada Rabu, 11 Desember 2019 di Sheo Hotel, Bandung.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Ir. Hendy Jatnika M. M.
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Ir. Hendy Jatnika M. M. (Istimewa)

Bersama dengan mitra startup Habibi Garden yang bergerak di bidang pertanian presisi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan kegiatan peluncuran Desa Digital Pertanian serta penyuluhan pertanian presisi yang dihadiri sekitar 100 orang  perwakilan kelompok tani di Jawa Barat.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Ir. Hendy Jatnika M. M., memberikan sambutannya pada acara ini. Ia mengutarakan harapannya agar kegiatan penyuluhan ini tidak hanya menyoroti perihal output atau hasil saja, tapi juga mampu mengedukasi perwakilan kelompok tani perihal kemajuan di bidang agrikultur. Mengingat saat ini kondisi lingkungan terus berubah akibat alih fungsi lahan yang semakin sering terjadi.

Program Desa Digital Pertanian Jawa Barat
Program Desa Digital Pertanian Jawa Barat (Istimewa)

Program Desa Digital Pertanian ini memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) untuk membantu meningkatkan produktivitas, memangkas biaya, dan mengurangi kemungkinan kegagalan panen para petani. Pemprov Jabar berharap melalui inovasi digital yang diimplementasikan ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Jawa Barat.

Selain di sektor pertanian, implementasi program Desa Digital juga mengangkat berbagai tema lainnya sesuai dengan potensi dan kebutuhan dari berbagai desa di Jawa Barat seperti peternakan, perikanan, dan kesehatan.

Editor: bisnistribunjabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved