Cegah DBD Saat Musim Hujan Tiba, Dinkes KBB Minta Masyarakat Tidak Membiarkan Genangan Air

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) meminta masyarakat tidak membiarkan ada genangan air di sekitar rumah saat musim hujan

Cegah DBD Saat Musim Hujan Tiba, Dinkes KBB Minta Masyarakat Tidak Membiarkan Genangan Air
Pixabay.com
Nyamuk penyebab DBD. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) meminta masyarakat tidak membiarkan ada genangan air di sekitar rumah saat musim hujan untuk mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Hal tersebut karena genangan air itu bisa menjadi sarang nyamuk aedes aegypti berkembang biak, hingga akhirnya menyebabkan penyakit DBD mewabah, terutama saat musim hujan.

Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular, Dinkes KBB, Asep Sutia mengatakan, selama musim hujan masyarakat harus rutin melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), terutama di sekitar tempat tinggalnya agar penyakit DBD tidak mewabah.

"Biasanya nyamuk (aedes aegypti) perindukannya pada air tergenang saat musim hujan, jadi hal seperti itu jangan dibiarkan," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (1/12/2019).

Tahun Lalu Dua Orang Tewas, Kini Dinkes KBB Pun Waspada DBD di Musim Hujan

Waspada DBD di Musim Hujan, Kenali Gejala dan Cara Pencegahan Demam Berdarah Dengue

Selain itu, kata Asep, masyarakat juga jangan sampai membiarkan ada genangan air ditempat-tempat tertentu, terutama tempat sampah yang banyak terdapat sampah plastik bekas makanan.

"Biasanya pada tempat sampah ada plastik yang didalamnya ada air dari hujan, jadi ada kemungkinan perkembanbiakan nyamuknya disitu," kata Asep.

Menurutnya, masyarakat sangat penting untuk melakukan PSN di tempat-tempat seperti itu, karena berkaca pada tahun lalu kasus DBD mengalami peningkatan saat musim hujan, tepatnya saat awal tahun.

Pada tahun 2018, Dinkes KBB mencatat, terjadi 429 kasus DBD dan dua di antaranya meninggal dunia, sehingga hal tersebut menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Bandung Barat.

"Tapi untuk tahun ini belum ada peningkatan kasus, tapi kami akan terus melakukan sosialisasi ke masyarakat baik dari Dinas maupun dari puskesmas," ucapnya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved