Breaking News:

Hari Guru Nasional

Tanggapi Pidato Mendikbud Nadiem Makarim, Ridwan Kamil : Pemprov dan Disdik Jabar Akan Terjemahkan

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan bersama Disdik akan menerjemahkan merealisasikan isi pidato Mendikbud Nadiem Makarim pada Hari Guru Nasional

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Dedy Herdiana
Kolase Tribun Jabar
Mendikbud Nadiem Makarim - Gubernur Jabar Ridwan Kamil 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Hari Guru Nasional menjadi momentum bagi para guru di Jawa Barat untuk berinovasi menciptakan kegiatan belajar yang lebih menyenangkan sekaligus berkualitas bagi para peserta didiknya.

Tidak melulu tentang memberikan hafalan pelajaran atau ujian, tetapi guru harus mampu lebih dekat dengan para peserta didik secara personal untuk bisa mengembangkan potensi mereka yang beragam.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bersama Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat akan menerjemahkan dan merealisasikan isi pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim pada Hari Guru Nasional.

Hari Guru Nasional, Nadiem Makarim Ajak Guru Lakukan Perubahan Kecil Mulai dari Kelas

Salah satu pesannya, kata Ridwan Kamil, adalah memberikan rasa simpati kepada guru yang seringkali mengalami banyak kendala dalam mengembangkan inovasi dan kreativitas.

"Kemudian mengajak guru-guru untuk membuat sebuah situasi belajar itu menjadi menyenangkan, tidak hanya urusan menghafalkan tapi juga mengajak anak-anak, salah satunya misalkan bakti sosial, berpetualang, kemudian melaksanakan kegiatan di mana anak-anak juga ikut interaktif," kata Ridwan Kamil seusai memimpin Upacara Peingatan Hari Guru di Gasibu, Senin (25/11/2019).

Ridwan Kamil mengatakan para peserta didik harus bisa didorong untuk berani menyampaikan gagasan atau mengajari temannya sendiri.

Dari pidato yang disampaikan Mendikbud tersebut, katanya, jangan sampai guru hanya memberikan pelajaran secara searah tanpa mendengar berbagai pandangan atau reaksi peserta didik dari pelajaran tersebut.

"Jadi perubahan-perubahan itu yang disampaikan dalam pidato Mendikbud, dan saya kira nanti kita akan terjemahkan yang dimaksud, supaya intinya tidak hanya monoton dengan kurikulum-kurikulum yang kebanyakan mungkin menghafal, dan guru-gurunya terbebani hal-hal administratif yang akhirnya waktu untuk berkreativitas dalam belajar mengajar menjadi kurang," katanya.

Pidato Mendikbud Nadiem Makarim Buat Hari Guru Nasional 2019 Viral di Medsos, Ini Isi Naskahnya

Sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah, katanya, tentu Pemprov Jabar akan menerjemahkan yang dimaksud Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai kebijakan di Jawa Barat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved