Pascakebakaran, Jalur Pendakian Gunung Ciremai di Kuningan Masih Ditutup

Agus Yudantara, mengatakan penutupan aktivitas wisata alam dan pendakian menuju Gunung Ciremai ditutup akibat kebakaran beberapa bulan lalu.

Istimewa
Jalur pendakian Gunung Ciremai atau puncak parahyangan yang berada di dua wilayah, yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, sampai saat ini masih ditutup. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, KUNINGAN- Jalur pendakian Gunung Ciremai atau puncak parahyangan yang berada di dua wilayah, yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, sampai saat ini masih ditutup.

Empat jalur pendakian di gunung tertinggi di Jawa Barat yang ditutup sampai saat ini yaitu, jalur Palutungan (Kabupaten Kuningan), jalur Linggajati (Kabupaten Kuningan), jalur Linggasana (Kabupaten Kuningan),  serta jalur Apuy (Kabupaten Majalengka).

Fire Boss Kebakaran Hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Agus Yudantara, mengatakan penutupan aktivitas wisata alam dan pendakian menuju Gunung Ciremai ditutup akibat kebakaran beberapa bulan lalu.

"Kebakaran terjadi di area kerucut Gunung Ciremai, banyak pendaki yang kami tolak melalui ponsel karena memang masih ditutup," kata Agus saat dihubungi, Senin (25/11/2019).

Pada hari ini pun, kata Agus, lokasi yang sempat menjadi area kebakaran hutan pun masih tampak berwarna cokelat dan sebagian berwarna hitam.

Selain Macan Tutul, Ini Satwa yang Dilindungi di Taman Nasional Gunung Ciremai

Kisah Mistis Para Penakluk Api di Gunung Ciremai, Diganggu dan Ditanya Penyebab Kebakaran Hutan

Dikatakan Agus, hal tersebut menandakan belum terjadi pemulihan ekosistem secara suksesi alami di lokasi kebakaran Gunung Ciremai yang memiliki tinggi 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

"Hujan belum merata di Gunung Ciremai dan sekitarnya," kata Agus.

Agus mengatakan, hujan yang beberapa kali turun di Gunung Ciremai belum mampu memulihkan ekosistem tumbuhan, diperlukan waktu tiga bulan dan hujan intensitas tinggi yang merata.

Dalam hal ini, Balai TNGC berkoordinasi dengan instansi lain di Kabupaten Kuningan dan Majalengka terkait situasi dan kondisi Gunung Ciremai, mulai dari BPBD, kodim, dan polres.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved