Breaking News:

VIDEO Curiga Penggelembungan Suara, Warga Desa Karanganyar Cirebon Protes Hasil Pemilihan Kuwu

Curiga penggelembungan suara, warga Desa Karanganyar, Kabupaten Cirebon protes hasil pemilihan kuwu.

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Puluhan warga Desa Karanganyar, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, mendatangi Kantor Bupati Cirebon di Jalan Sunan Kalijaga, Kecamatan Sumber, Selasa siang (5/11/2019).

Kedatangan puluhan warga Desa Karanganyar tersebut untuk berunjuk rasa terkait hasil rekapitulasi pemilihan kuwu (pilwu) serentak pada 27 Oktober lalu.

Pantauan Tribun Jabar, Selasa (5/11/2019), puluhan warga tersebut melakukan orasi tepat di depan Kantor Bupati Cirebon.

Mereka membawa pengeras suara dan poster bertuliskan protes.

Koordinator warga, Muhani, mengatakan, warga di Desa Karanganyar menemukan sejumlah kejanggalan pada saat pilwu serentak, yakni terkait masalah penggelembungan suara.

Berdasarkan hasil penghitungan suara, kata Muhani, saat pilwu serentak, jumlah suara yang masuk sebanyak 2.441, sedangkan jumlah daftar pemilih hanya sebanyak 2.412 orang.

"Kami menduga, ini memenangkan salah satu pasangan calon, yaitu yang nomor satu," kata Muhani disela aksi, Selasa (5/11/2019).

Selain itu, warga di Desa Karanganyar pun menemukan penyalahgunaan surat undangan untuk pemilih pada pilwu serentak 2019.

Muhani mengatakan, sejumlah masyarakat yang bekerja di luar negeri atau di luar kota dan tidak mencoblos kuwu pilihan, tapi dalam laporan masyarakat tersebut memberikan hak suaranya.

Warga pun berharap kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, sehingga tidak lagi masyarakat yang merasa dicurangi‎ oleh oknum tidak bertanggung jawab.

"Kalau tidak diusut, kami akan kembali datang dengan jumlah (massa) yang lebih banyak," katanya.

VIDEO Viral Selokan di Cirebon Dihuni Ribuan Ikan, Warga Jadi Tak Buang Sampah Sembarangan

VIDEO Puluhan Warga Pun Berebut Air Bekas Ritual Siraman Panjang Keraton Kasepuhan Cirebon

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Curiga Penggelembungan Suara, Warga Desa Karanganyar Cirebon Protes Hasil Pemilihan Kuwu, https://jabar.tribunnews.com/2019/11/05/curiga-penggelembungan-suara-warga-desa-karanganyar-cirebon-protes-hasil-pemilihan-kuwu.
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: taufik ismail
Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved