Lowongan Kerja CPNS 2019, Pemerintah Buka Lebih dari 150 Ribu Formasi di Instansi Pusat dan Daerah

Lowongan kerja calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 kembali dibuka pada 11 November 2019.

Lowongan Kerja CPNS 2019, Pemerintah Buka Lebih dari 150 Ribu Formasi di Instansi Pusat dan Daerah
Istimewa
Ilustrasi ASN atau PNS. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Lowongan kerja calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 kembali dibuka pada 11 November 2019.

Tahun ini terdapat lowongan kerja CPNS untuk 152.816 formasi.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, mengatakan bahwa jumlah tersebut terdiri atas  Instansi Pusat sebanyak 37.425 formasi pada 68 kementerian/lembaga dan Instansi Daerah 114.861 formasi pada 462 Pemerintah Daerah.

“Ada dua jenis formasi yang dibuka pada penerimaan CPNS tahun 2019 ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus,” kata Bima sebagaimana dikutip dalam siaran pers, Senin (28/10/2019).

FIX, CPNS 2019 Dibuka 11 November 2019, Siapkan Dokumen Ini Sebagai Persyaratan

Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, disabilitas, formasi khusus putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada Instansi Pusat.

Sedangkan formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya.

Adapun tiga besar formasi pada penerimaan CPNS kali ini adalah guru sebanyak 63.324 formasi, tenaga kesehatan 31.756 formasi, dan teknis fungsional 23.660 formasi.

Tahun ini, Pemerintah tidak membuka formasi tenaga administrasi karena jumlahnya sudah hampir separuh dari total di Indonesia.

"Saat ini Pemerintah fokus membuka formasi untuk jabatan yang dapat berkontribusi memberikan perubahan,” kata Bima Haria.

Seleksi CPNS Segera Dibuka, Ini Jumlah Lowongan di 5 Formasi

Pendaftaraan penerimaan CPNS Tahun 2019 akan dilakukan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id mulai 11 November 2019.

Ia mengingatkan para peminat, dalam masa pendaftaran tersebut, dokumen yang perlu disiapkan untuk diunggah ke dalam portal SSCASN di antaranya scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi.

Pada pelaksanaan seleksi CPNS 2019, bagi pelamar yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) seleksi administrasi diberikan waktu sanggah maksimal tiga hari pascapengumuman dan instansi diberikan waktu maksimal tujuh hari untuk menjawab sanggahan tersebut.

“Guna menghindari terjadinya ketidakpuasan dalam putusan hasil seleksi administrasi yang diterbitkan instansi, pelamar diimbau untuk mempersiapkan dokumen-dokumen dengan baik dan hanya mengunggah dokumen yang sesuai dengan persyaratan formasi,” kata Bima. (Kompas.com/Ambaranie Nadia Kemala Movanita)

Serba-Serbi Pengumuman CPNS 2019, Pelajari Tujuh Langkah Pendaftaran Melalui SSCASN

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved