Pemkab KBB Harus Mengeluarkan Biaya Besar untuk Membuang Sampah ke TPA Legoknangka

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) harus mengeluarkan biaya operasional lebih besar jika sampah dibuang

Pemkab KBB Harus Mengeluarkan Biaya Besar untuk Membuang Sampah ke TPA Legoknangka
Istimewa
TPA Legoknangka 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) harus mengeluarkan biaya operasional lebih besar jika sampah dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Legoknangka di Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung.

Rencananya, Pemkab Bandung Barat akan membuang sampah sebanyak 75 ton per hari menyusul dengan dioperasikannya TPA Legoknangka pada tahun 2023 mendatang karena TPA Sarimukti di Kecamatan Cipatat, KBB akan ditutup.

Kepala UPT Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup KBB, Rudi Huntadi mengatakan, tingginya biaya operasional tersebut, karena selain jarak yang cukup jauh, pihaknya juga harus rutin melakukan perawatan mobil pengangkut sampah.

"Pasti biaya operasional besar, karena biaya pengangkutan saja Rp 380 ribu per ton. Nanti dikalikan saja 75 ton sampah yang akan dibuang ke TPA Legoknangka," ujarnya saat dihubungi Tribun melalui sambungan telepon, Minggu (27/10/2019).

Pelatih Persija Jakarta Sebut Main di Bali Kejauhan, Tak Banyak Persiapan Lawan Persib Bandung

Terkait hal tersebut, kata Rudi, anggaran biaya operasional pengangkutan sampah dari KBB ke TPA Legoknangka akan diatur oleh Bidang Persampahan sama seperti biaya operasional pembuangan sampah ke TPA Sarimukti.

"Kemampuan (anggaran) Pemkab KBB memang hanya 75 ton karena disesuaikan dengan kondisi kendaraan di kita. Kalau pembuangan kesana itu harus kendaraan yang kondisinya bagus," kata Rudi.

Disinggung terkait kondisi kendaraan pengangkut sampah ke TPA Legoknangka nanti, Rudi, mengatakan, pihaknya harus melakuka pemilihan dan pengecekan kendaraan terlebih dahulu.

"Kami harus memilih dan memilah dulu, nanti kendaraan yang kondisinya bagus akan digunakan untuk membuang sampah ke TPA Legoknangka," ucapnya.

Nadiem Makarim akan Dipertemukan dengan Bos Bukalapak dalam Pemilihan Rektor ITB, Ini Prosesnya

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved