Dekan FPIK Unpad : Kemampuan Susi Pudjiastuti Bisa Dimanfaatkan untuk Kembangkan Pangandaran

Pulangnya mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ke Pangandaran sebagai warga biasa,

Dekan FPIK Unpad : Kemampuan Susi Pudjiastuti Bisa Dimanfaatkan untuk Kembangkan Pangandaran
istimewa
Susi Pudjiastuti pulang kampung ke Pangandaran. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pulangnya mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ke Pangandaran sebagai warga biasa, menjadi keuntungan besar untuk mengembangkan berbagai potensi sektoral di Pangandaran. Terlebih dengan kompetensi dan pengalaman dalam hal menjaga ekosistem di seluruh laut Indonesia selama ini.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran (FPIK Unpad), Dr sc agr Yudi Nurul Ihsan SPi MSi menilai, meski tidak masuk dalam jajaran kabinet menteri untuk lima tahun kedepan, keahlian dan potensi yang dimiliki Susi Pudjiastusi sudah tidak perlu lagi di ragukan dalam hal membangun daerah, bahkan yang lebih luas lagi. Termasuk pengalamannya dalam hal bergelut di dunia birokrasi pemerintahan sebagai menteri.

"Dengan potensi dan pengalaman yang sangat besar dimiliki Bu Susi. Maka hemat saya, beliau bisa membuat yayasan yang bergerak di bidang sosial, pendidikan wisata bahari, pendidikan vokasional dan lainnya, bagi pembinaan langsung masyarakat pesisir, nelayan, dan aspek warga lainnya, terutama para pelajar usia sekolah menengah atas yang sesuai dengan konsep dan keinginannnya. Apalagi beliau kini sebagai warga lokal yang mengenal daerahnya secara detil,"
ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui telepon. Minggu (27/10/2019).

Penjual Figura plus Foto Presiden dan Wakil Presiden Kebanjiran Order, Omzet Sehari Rp 1,2 Juta

Selain itu, kembalinya Bu Susi ke kampung halamannya, disamping dapat menjadi ikon besar bagi Pangandaran. Termasuk menutupi kelemahan Pangandaran yaitu, di bidang akses transportasi. Dimana akses dari Bandung-Pangandaran saja membutuhkan waktu tempuh sekitar enam jam.

"Maka, dalam upaya meningkatkan nilai promosi Pangandaran, kedepan dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah,  dapat dibangunkan sebuah akses tol yang dapat menguhubungkan Kabupaten Pangandaran dengan berbagai lokasi wilayah lainnya, selain telah dimilikinya daya didukung Susi Air yang dapat terus dikembangkan," ucapnya.

Yudi menuturkan, berbicara pengembangan daerah wisata tentunya selain potensi alam tetapi yang perlu diperhatikan dan dimiliki adalah potensi sumber daya manusia (SDM) yang sejalan dengan program Presiden Jokowi yaitu, membangun SDM Unggul, SDM Maju.

Maka dengan pengalaman Susi Pudjiastuti yang memahami potensi kelebihan juga kekurangan suatu daerah serta proses birokrasi pemerintah didalamnya, dirinya sangat mampu untuk menghubungkan kedua aspek tersebut, guna meningkatkan kualitas mutu potensi Pangandaran.

"Untuk meningkatkan potensi SDM, Pangandaran juga dapat dibangun pusat pelatihan coast guard internasional, yang dimana hal ini bercermin dari kemampuan bu Susi mengamankan potensi laut Indonesia dari upaya tindak pencurian kapal negara asing, sehingga bila SDM Pangandaran dapat menjadi coast goard yang dapat mengamankan potensi lautnya sendiri dan laut di Jawa Barat, menjadi sesuatu yang sangat luar biasa, mengingat sisi geografis kelautan Jawa Barat juga sangat besar, dengan garis pantai wilayah utara sepanjang 354 km dan di selatan sepanjang 398 km," ujar Yudi.

Jika Pilwu Serentak Dinilai Buruk, Pemkab Cirebon Siap Terima Gugatan dari Calon Kuwu

Sedangkan dari potensi sumber daya alam, Pangandaran juga masih memiliki banyak potensi wisata "perawan" atau yang belum mampu dikembangkan secara maksimal selama ini.

"Kelebihan lainnya, tindakan Bu Susi menenggelamkan kapal-kapal asing selama ini pun, dapat menjadi meningkatkan daya tarik wisata Pangandaran. Saran saya, Bu Susi bersama pemerintah  daerah dapat membuat museum penenggelaman kapal yang dikelola dengan baik, selain sebagai sarana wisata, tapi juga edukasi dan pelajaran bagi semua orang untuk patuh dan tunduk pada aturan yang telah ditegakan," katanya.

Yudi menambahkan, seiring dengan dimiliki Kampus Unpad di Pangandaran, maka pihaknya siap bila diajak bekerja sama dengan Bu Susi,  dalam hal mengembangkan pendidikan vokasi dalam rangka menghasilkan SDM yang siap mendukung peningkatan kualitas di sektor perikanan dan kelautan Indonesia, khususnya di Pangandaran.

Penulis: Cipta Permana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved