Menteri Jokowi Maruf Amin

Mahfud MD Bocorkan Waktu Pasti Pelantikan dan Perkenalan Semua Menteri Jokowi, Ini Jadwalnya

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan, Presiden Joko Widodo akan mengumumkan seluruh nama menteri Kabinet Kerja Jilid 2

Mahfud MD Bocorkan Waktu Pasti Pelantikan dan Perkenalan Semua Menteri Jokowi, Ini Jadwalnya
Kolase Tribun Jabar
Mahfud MD dan Jokowi 

TRIBUNJABAR.ID - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengumumkan semua nama menteri Kabinet Kerja Jilid 2 pada Rabu (23/10/2019).

Menurut dia, seluruh nama-nama menteri yang masuk kabinet diminta untuk datang pada Rabu pagi.

"Hari Rabu pukul 07.00 WIB diundang di sini untuk diperkenalkan semua kepada Anda," kata Mahfud MD di Istana Kepresidenan usai bertemu Presiden Joko Widodo, Senin (21/10/2019).

"Setelah itu pukul 07.00 diperkenalkan, pukul 09.00 penyerahan SK keputusan presiden ke masing-masing orang, sesudah itu pelantikan," ujar Mahfud.

Mahfud MD menjadi salah satu orang yang dipanggil Jokowi ke Istana hari ini. Ia menjadi orang pertama yang dipanggil Presiden Jokowi.

Tak selang berapa lama, tiba Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu dan pendiri Gojek, Nadiem Makarim.

Usai pertemuan, Mahfud menyatakan siap menjadi menteri. Menurut dia, Jokowi telah memahami secara lengkap latar belakang pendidikan, pengalaman politik hingga birokrasi.

"Saya diminta beliau untuk menjadi salah satu menteri," ujar dia.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mendatangi Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2019). Ia datang menggunakan kemeja putih lengan panjang.
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mendatangi Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2019). Ia datang menggunakan kemeja putih lengan panjang. (KOMPAS.com/Ihsanuddin)

Namun, Mahfud mengaku tidak diberi tahu akan menjadi menteri apa.

Hanya saja saat bertemu Presiden ia diajak diskusi terkait masalah penegakan hukum, HAM, pemberantasan korupsi, sumber daya alam, hingga deradikalisasi.

Ditelepon Tengah Malam

Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD, Senin (21/10/2019) menyambangi Komplek Istana Kepresidenan Jakarta.

Pantauan Tribunnews.com, Mahfud hadir di halaman Istana Negara pukul 09.32 WIB.

Melihat awak media, Mahfud berlari.

"Saya dipanggil presiden," teriak Mahfud yang juga mantan Ketua MK itu dengan lantang dan senyum terus mengembang.

Mahfud yang menggunakan kemeja putih ini jalan tergesa-gesa.

Dia bahkan sempat melambaikan tangan dan sedikit berjoget meliak-liukkan badannya.
Ditanya kapan dirinya dihubungi presiden?

Mahfud menjawab dia dihubungi dini hari tadi pukul 00.20 WIB.

"Saya dihubungi pukul 00.20 WIB, sabar ya‎, saya masuk dulu," tambahnya.

Sebelumnya, setelah resmi dilantik menjadi presiden untuk periode 2019-2024, Joko Widodo alias Jokowi mengaku akan mengumumkan susunan kabinet jilid II pada Senin (21/10/2019) pagi.

Seperti yang diketahui, Jokowi dan Maruf Amin dilantik di Gedung DPR/MPR RI menjadi kepala negara untuk lima tahun ke depan, Minggu (20/20/2019).

Seperti pada tayangan Kompas TV, Presiden Jokowi pun menyebut, nama-nama menteri kabinet kerja akan disebutkan dan sosoknya dikenalkan pada publik.

Selain itu, soal pelantikan menteri yang masuk dalam susunan kabinet Jokowi bisa saja dilakukan besok, atau lusa. Paling tidak disebutkan rentang waktu resmi pelantikan menteri itu paling lambat pada Rabu, (23/10/2019).

Pada pelantikan Presiden 2019 Joko Widodo alias Jokowi dan Maruf Amin resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2019-2024.

Acara pelantikan Presiden 2019 ini dilaksanakan di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, pada Minggu (20/10/2019).

Pada sidang paripurna yang dipimpin Kepala MPR Bambang Soesatyo, Jokowi dan Maruf Amin pun kini sah memimpin bangsa Indonesia untuk lima tahun ke depan.

Setelah mengucapkan sumpah dan melakukan penandatanganan, Jokowi pun menyampaikan pidato pertamanya sebagai presiden untuk periode 2019-2024.

Halaman
123
Editor: Widia Lestari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved