Buntut Istri Nyinyir Wiranto, Peltu Yunus Dapat Sanksi Tunda Naik Pangkat dan Ditahan 5 Hari

Peltu Yunus mendapat sanksi penundaan pangkat selama dua periode dan ditahan selama lima hari.

Buntut Istri Nyinyir Wiranto, Peltu Yunus Dapat Sanksi Tunda Naik Pangkat dan Ditahan 5 Hari
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Suasana sidang disiplin militer Peltu Yunus di Gedung Hercules, Mako Lama Lanud Muljono TNI Angkatan Udara, Surabaya, Selasa (15/10/2019) 

TRIBUNJABAR.ID, SIDOARJO- Peltu Yunus mendapat sanksi penundaan pangkat selama dua periode dan ditahan selama lima hari.

Sanksi yang diterima Peltu Yunus sebagai buntut unggahan sang istri yang nyinyir terhadap kasus penyerangan terhadap Menko Polhukam Wiranto beberapa waktu lalu.

Keputusan sanksi terhadap Peltu Yunus dibacakan dalam sidang disiplin militer yang digelar secara tertutup.

Sidang dilaksanakan di Gedung Hercules, Mako Lama Lanud Muljono TNI Angkatan Udara Surabaya di Jalan Raya Juanda, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo.

Sidang digelar sekitar pukul 08.15 dan berlangsung selama satu jam. Sidang tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Muljono Kolonel Pnb Budi Ramelan sebagai hakim disiplin.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Muljono, Mayor Sus Prasetyo mengatakan Peltu Yunus terkena dua pasal di dalam UU No 25/2014 tentang Hukum Disiplin Militer.

Begini Sikap SBY Atas Penusukan Wiranto, AHY Bocorkan Kondisi Terbaru Menko Polhukam

Kasus Istri Serda Z yang Nyinyir Soal Penusukan Wiranto di Medsos Dilimpahkan ke Polres Cimahi

"Yaitu pasal 8 huruf a dan pasal 17 huruf a. Di mana Peltu Yunus dikenai sanksi administratif maupun hukum disiplin," ujarnya kepada TribunJatim.com, Selasa (15/10/2019).

Ia menjelaskan untuk sanksi administratif yaitu penundaan untuk mengikuti pendidikan pembentukan perwira selama 1 gelombang dan penundaan kenaikan pangkat selama 2 periode.

"Sedangkan untuk hukum disiplin yaitu penahanan selama 5 hari. Dikarenakan Peltu Yunus melakukan perbuatan yang bertentangan dengan perintah kedinasan atau perbuatan yang tidak sesuai dengan tata tertib militer," katanya.

Dirinya juga menambahkan Peltu Yunus sendiri terhitung mulai Selasa (15/10/2019) ini sudah ditahan di Ruang Tahanan Militer Satpom AU Lanud Muljono.

"Pangkat Peltu Yunus yang sebelumnya Bintara Penyidik juga telah dicopot sejak Jumat (11/10/2019) dan saat ini pangkatnya Bintara Satuan POM TNI AU Lanud Muljono. Pangkatnya semula dapat dikembalikan lagi setelah dilakukan penilaian dan evaluasi selama enam bulan," jujurnya.

Prasetyo juga mengungkapkan bahwa selama dalam pemeriksaan, Peltu Yunus bersikap kooperatif dan jujur.

"Dalam pemeriksaan, Peltu Yunus sudah memberi tahu istrinya agar bersikap netral dalam hal urusan politik dan dilarang berkomentar termasuk di media sosial yang dapat berdampak pendiskreditan pemerintah maupun simbol - simbol negara. Pada saat kejadian, istrinya luput dari pengawasannya dan memposting hal tersebut di media sosial," katanya. (Kukuh Kurniawan)

 Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul BREAKING NEWS Hukuman Peltu Yunus Yang Istrinya Fitnah Wiranto, Tunda Naik Pangkat & Dibui 5 Hari

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: TribunJatim.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved