Sesar Lembang

Sesar Lembang Mulai Picu Gempa, Lima Kecamatan di KBB Mendapat Perhatian Khusus dari BPBD

Lima kecamatan di Kabupaten Bandung (KBB) akan mendapat perhatian khusus dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terkait adanya potensi gempa

Sesar Lembang Mulai Picu Gempa, Lima Kecamatan di KBB Mendapat Perhatian Khusus dari BPBD
Via Grid.ID
Sesar Lembang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Lima kecamatan di Kabupaten Bandung (KBB) akan mendapat perhatian khusus dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terkait adanya potensi gempa sesar Lembang.

Berdasarkan pemetaan wilayah BPBD KBB, kelima kecamatan tesebut adalah Kecamatan Lembang, Parongpong, Cisarua, Ngamprah, dan Padalarang.

Kelima wilayah tersebut merupakan lokasi yang paling dekat dengan patahan Lembang.

Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo, didampingi Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan, Agus Rudianto, mengatakan bahwa sebagai bentuk antisipasi di lima kecamatan tersebut, pihaknya kerap mengadakan sosialisasi mitigasi bencana.

"Terakhir kegiatan hari kesiapsiagaan bencana dari BNPB yang dipusatkan di Lembang. Dalam kegiatan itu diadakan gladi simulasi dan pemasangan titik (jalur evakuasi)," ujarnya saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Senin (14/10/2019).

Sesar Lembang Mulai Picu Gempa, Sudah Ada di Fase Siklus 500 Tahun Gempa Besar

Ia juga mengatakan bahwa ada anggaran khusus dalaam APBD KBB untuk sosialisasi mitigasi bencana.

"Kegiatannya memang difokuskan di lima kecamatan itu karena harus ada penanganan khusus bagi kecamatan yang berdekatan dengan patahan Lembang," katanya.

Selain itu, dalam antisipasi gempa Sesar Lembang tersebut, pihaknya juga memperhatikan disabilitas agar tidak menjadi korban ketika terjadi gempa akibat terkena reruntuhan bangunan.

"Kami berikan pemahaman kepada orangtuanya terkait kesiapan bencana karena disabilitas harus mendapat perlakukan khusus ketika terjadi bencana," kata Duddy.

Diberitakan Tribun Jabar sebelumnya, Sesar Lembang yang membentang sejauh 20 kilometer antara Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), hingga Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, menunjukan aktivitas.

Satu dari 22 gempa yang terjadi di Jawa Barat selama sepekan, 4 hingga 11 Oktober disebut berasosiasi dengan Sesar Lembang dan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung meminta warga di sekitar patahan meningkatkan kewaspadaan.

2.000 Rumah Rusak di Kota Ambon Setelah Gempa Bumi Susulan

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved