Adikarya Parlemen - Tia Fitriani : Perkuat Koordinasi antara DPRD dengan Pemprov Jabar

Penguatan sinergitas dan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menjadi salah satu agenda penting DPRD Provinsi Jawa Barat 2019-2024.

Adikarya Parlemen - Tia Fitriani : Perkuat Koordinasi antara DPRD dengan Pemprov Jabar
Istimewa
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia, Dra. Tia Fitriani. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Penguatan sinergitas dan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menjadi salah satu agenda penting DPRD Provinsi Jawa Barat 2019-2024.

Harapannya, dengan koordinasi yang lebih baik, berbagai program Pemprov Jabar dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Dra. Tia Fitriani, mengatakan selama ini di bawah kepemimpinan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Pemprov Jabar memiliki begitu banyak program untuk masyarakat.

Sebagai anggota dewan dari dapil Kabupaten Bandung, Tia mengatakan dirinya pun di saat bersamaan menerima keluhan sejumlah warga yang kesulitan mengakses atau mengambil manfaat dari program-program yang selama ini digaungkan Pemprov Jabar.

"Program-program ini pasti baik, tapi perlu evaluasi juga. Dievaluasi dari regulasi maupun penganggarannya. Bisa saja program baik, tapi cuma karena SDM belum siap atau tidak disupport anggaran, masyarakat mau mengakses juga kan sulit," kata Tia di Bandung, Senin (14/10/2019).

Adikarya Parlemen - Dadang Kurniawan: Jabar Butuh Lebih Banyak Rumah Sakit dan Sekolah

DPRD Jabar Fokus Tangani Tiga Masalah Tenaga Kerja di Jabar

Pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Jabar
Pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Jabar (Tribunjabar/Syarif Abdussalam)

 

Tia mencontohkan program Jabar Quick Response yang mendapat sambutan sangat baik di tengah masyarakat. Namun setelah ditelusuri, program tersebut banyak hambatan anggaran dari dinas-dinas terkait dan masyarakat pun masih kebingungan untuk mengaksesnya.

Hal serupa terjadi pada program-program lain seperti One Vilage One Product. Masyarakat sering bertanya kepadanya mengenai cara mendapat manfaat dari program-program tersebut.

Anggota dewan kelahiran Subang, 10 Januari 1966, ini pun mengatakan DPRD Jabar periode baru ini punya semangat untuk lebih sinergis dengan Pemprov Jabar supaya program-program tersebut dapat lebih mudah diakses masyarakat luas.

Tia yang berasal dari Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia ini mengatakan DPRD Provinsi Jabar akan menjadikan Pemprov Jabar sebagai mitra kerja dalam mewujudkan program-program bagi masyarakat.

"Program-program ini kita ingin ada penguatan dan sinergis penuh sehingga program-program ini betul-betul terlaksana optimal, tidak seperti sekarang yang kami rasa belum komprehensif dan masih ada ego sektoral," katanya.

Penjalinan koordinasi yang lebih baik dan penghilangan sekat-sekat koordinasi, katanya, menjadi tugas bersama antara DPRD dan Pemprov Jabar. Jangan sampai, katanya, masyarakat yang menjadi korban akibat kekurangkompakan dua instansi pemerintah tersebut.

"Contohnya, kemarin juga kan Pak Gubernur ingin menetapkan pariwisata sebagai wajah dan lokomotif perekonomian Jabar. Harusnya jalannya seperti apa. Hayu kita bersama dengan koordinasi maksimal, sama-sama mewujudkannya supaya masyarakat lebih sejahtera," katanya. (Sam/adv)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved