Mencari Teman Bercerita Ternyata Penting Dilakukan saat Stres Melanda, Begini Penjelasan Ahlinya

Saat stres mulai melanda, ada yang lebih memilih memendamnya dan enggan berbagi cerita dengan orang lain tentang masalah yang dihadapi.

Mencari Teman Bercerita Ternyata Penting Dilakukan saat Stres Melanda, Begini Penjelasan Ahlinya
shutterstock
Illustrasi stres banyak pekerjaan. 

TRIBUNJABAR.ID - Saat stres mulai melanda, ada yang lebih memilih memendamnya dan enggan berbagi cerita dengan orang lain tentang masalah yang dihadapi.

Padahal, teman bercerita memiliki peran besar terhadap kesehatan mental. Sebab, dapat menimbulkan kelegaan pada seseorang yang sedang bermasalah.

"Setelah lega, otak dapat berfungsi lebih baik sehingga lebih mampu menentukan solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada," ungkap Monica Sulistiawati, psikolog dari Personal Growth kepada Tribunnews.com, Rabu (9/10/2019).

Kemudian menceritakan permasalhan yang dialami ke orang lain juga mampu memberikan alternatif pemecahan masalah yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan oleh seseorang yang sedang menghadapi masalah.

Berbagi kisah dan berdiskusi pun bisa menghadirkan emosi positif seperti perasaan dimengerti, dimaklumi, dan diterima sehingga timbul rasa senang.

"Rasa senang yang meningkat, dapat menurunkan kadar stres pada tubuh," kata Monica.

Selain bercerita, mencari hiburan saat suasana hati mulai suntuk pun bisa menjadi pengalih dari stres yang sedang dirasakan.

"Mencari hiburan akan membuati individu tidak lagi berfokus pada rasa stresnya, dan dapat meningkatkan fungsi otaknya untuk memikirkan hal-hal lain yang lebih positif," ucap Monica.

Sinopsis Film Maleficent : Mistress of Evil, Tayang 16 Oktober 2019, Nasib Aurora Menggantung

Relaksasi

Stres terkadang menjadi masalah bagi sebagian orang dan tak pandang bulu. 

Halaman
123
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved