Efek Mengerikan Zat Kimia dalam Kopi Cleng dan Kopi Jantan, Serang Sistem Saraf Pusat

dua bahan kimia yang terkandung dalam Kopi Cleng dan Kopi Jantan ini memiliki efek yang mengerikan bila dikonsumsi dalam takaran dan cara yang salah

Efek Mengerikan Zat Kimia dalam Kopi Cleng dan Kopi Jantan, Serang Sistem Saraf Pusat
Istimewa
Sildenafil dan tadalafil merupakan bahan kimia yang terkandung dalam dua merek kopi penambah stamina, Kopi Cleng dan Kopi Jantan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Seli Andina Miranti

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG- Sildenafil dan tadalafil merupakan bahan kimia yang terkandung dalam dua merek kopi penambah stamina, Kopi Cleng dan Kopi Jantan.

Padahal, dua bahan kimia yang terkandung dalam Kopi Cleng dan Kopi Jantan ini memiliki efek yang mengerikan apabila dikonsumsi dalam takaran dan cara yang salah.

Hal tersebut disampaikan Staf Bagian Seksi Inspeksi BPOM Bandung, Wenni, ketika ditemui Tribun Jabar di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Rabu (18/9/2019).

"Efeknya bisa berpengaruh ke sistem saraf pusat," ujar Wenni.

Wenni mengatakan, dari pwngamatan pada korban Kopi Cleng dan Kopi Jantan, efek dari kandungan kimia dalam kopi tersebut terasa 30 menit hingga satu jam seusai mengkonsumsi kopi tersebut.

BPOM Mengidentifikasi Kopi Cleng Tak Punya Ijin Edar, Imbau Masyarakat Tak Mengonsumsinya

Selain Kopi Cleng, Ini Daftar Kopi Penambah Stamina yang Berbahaya, Cek Siapa Tahu Kamu Pernah Minum

Dalam hitungam jam, pria yang meminum segelas Kopi Cleng atau Kopi Jantan ini langsung kolaps dan menunjukka tanda-tanda keracunan.

"Kalau digunakan berkepanjangan bisa menyebabkan gangguan sistem syaraf, gangguan motorik, bahkan mungkin kematian kalau dikonsumsi jangka panjang," ujar Wenni.

Wenni menambahkan, saat ini pihaknya menerima laporan terkait kasus keracunan akibat kopi penambah stamina tersebut baru dari Kabupaten Sumedang saja.

Sementara itu, dilansir dari alodokter.com, sildenafil dan tadalafil adalah obat yang digunakan untuk menangani disfungsi ereksi atau sering disebut impotensi.

Penulis: Seli Andina Miranti
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved